Rabu 10 Apr 2024 08:10 WIB

Libur Lebaran, Parkir Kendaraan Pengunjung KBS Surabaya Ditata

Petugas akan menindak juru parkir liar di sekitar kawasan KBS.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pengunjung beraktivitas di kawasan wisata Kebun Binatang Surabaya (KBS), Kota Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Antara/Didik Suhartono
(ILUSTRASI) Pengunjung beraktivitas di kawasan wisata Kebun Binatang Surabaya (KBS), Kota Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Kebun Binatang Surabaya (KBS) di Kota Surabaya, Jawa Timur, diperkirakan akan ramai pengunjung saat masa libur Lebaran 2024. Mengantisipasi hal itu, parkir kendaraan pengunjung KBS ditata agar meminimalkan potensi kepadatan arus lalu lintas.  

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Tundjung Iswandaru mengatakan, dinasnya sudah menggelar rapat koordinasi bersama PD Taman Satwa KBS, Polrestabes Surabaya, dan Komando Garnisun Tetap (Kogartap) III/Surabaya dalam rangka persiapan pengamanan libur Lebaran di KBS.

Baca Juga

Salah satu yang dibahas dalam rapat koordinasi itu terkait parkir kendaraan pengunjung KBS dan lalu lintasnya. Tundjung menjelaskan, halaman parkir KBS sepenuhnya akan digunakan untuk menampung kendaraan roda dua atau sepeda motor pengunjung. Sementara kendaraan roda empat atau mobil pengunjung akan diarahkan untuk parkir di Gedung Parkir Terminal Intermoda Joyoboyo.

Menurut Tundjung, nantinya disiapkan lokasi drop zone pengunjung di Jalan Setail. Adapun kendaraannya akan dikawal oleh petugas menuju area parkir di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ). PD Taman Satwa KBS juga disebut menyiapkan personel tambahan yang ditugaskan di area parkir.

Pada masa libur Lebaran, 11 April-21 April 2024, Tundjung mengatakan, disepakati juga pemberlakuan lalu lintas satu arah di Jalan Setail, yaitu dari selatan ke utara, untuk semua jenis kendaraan. Kendaraan yang keluar dari area parkir KBS akan diarahkan petugas untuk belok kiri menuju Jalan Ciliwung.

“PD Taman Satwa KBS akan menerapkan pengaturan ticketing parkir dengan pembayaran di pintu keluar untuk mengurangi potensi antrean di pintu masuk parkir,” kata Tundjung, awal pekan ini.

Parkir liar

Tundjung mengatakan, Dishub bersama PD Taman Satwa KBS menyiapkan tenda posko petugas pengamanan dan pengaturan selama masa libur Lebaran di Jalan Setail. Petugas akan disiagakan melakukan pengamanan, termasuk mengantisipasi kemunculan parkir liar di sekitar KBS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement