Selasa 16 Apr 2024 10:11 WIB

Puluhan Ribu Wisatawan Libur Lebaran di Kebun Binatang Surabaya

Koleksi satwa di KBS ditambah dalam menyambut libur Lebaran.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Wisatawan menaiki unta tunggang di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Kota Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Antara/Didik Suhartono
(ILUSTRASI) Wisatawan menaiki unta tunggang di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Kota Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Kebun Binatang Surabaya (KBS) di Kota Surabaya, Jawa Timur, ramai dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran 2024. Setiap harinya ada ribuan pengunjung yang berlibur di KBS. 

Kepala Seksi Humas KBS, Lintang Ratri Sunarwidhi, mengatakan, pada hari H Lebaran atau 10 April 2024, tercatat sekitar 5.000 pengunjung. Keesokan harinya 10 ribu pengunjung dan kemudian sekitar 11 ribu pengunjung.

Baca Juga

Jumlah kunjungan wisatawan tertinggi terjadi pada 13 dan 14 April, di mana terdata masing-masing sekitar 19 ribu pengunjung. “Di hari libur terakhir ada 15 ribu pengunjung,” kata Lintang kepada Republika, Selasa (16/4/2024).

Lintang mengatakan, KBS melakukan berbagai persiapan menyambut kunjungan wisatawan pada momen libur Lebaran. Seperti menambah koleksi satwa untuk menambah daya tarik bagi pengunjung.

Satwa koleksi baru KBS adalah sepasang merak putih dan buaya siam. Lintang mengatakan, kedua satwa itu memiliki kekhasan tersendiri. Merak putih disebut menarik karena pada umumnya masyarakat mengetahui merak berwarna hijau. 

“Kalau buaya siam itu di atas matanya kayak ada capitnya, terus ada kantong leher kalau pas lagi buka mulutnya,” ujar Lintang.

Lintang mengatakan, pada masa libur Lebaran, pengunjung KBS juga dihibur dengan atraksi musik dan kesenian, seperti seni musik angklung, bantengan dari Mojokerto, dan kesenian jaranan yang ditampilkan secara bergantian setiap harinya. “Tentu kami juga ingin mengedukasi, kemudian melestarikan budaya dan menarik minat pengunjung,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement