Kamis 11 Apr 2024 10:37 WIB

Alhamdulillah Lebaran di Kota Surabaya Aman dari Bencana

Pelaksanaan ibadah Shalat Ied berjalan dengan baik dan lancar.

Sholat Idul Fitri.
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Sholat Idul Fitri.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya memastikan giat perayaan Idul Fitri 2024 masyarakat Kota Surabaya aman terhadap potensi bencana, Rabu (10/4/2024). Ketua Tim Kerja Logistik dan Rehabilitasi Rekonstruksi BPBD Kota Surabaya Aditya Setiawan menyatakan sejak pukul 05.00 WIB, segenap tim BPBD telah dikerahkan di Balai Kota Surabaya dan Masjid Agung Al-Akbar untuk melakukan pendampingan dan pemantauan bersama tim gabungan untuk memastikan pelaksanaan ibadah Shalat Ied berjalan dengan baik dan lancar.

Selain itu, BPBD Kota Surabaya turut mengerahkan dukungan peralatan dari sisi kedaruratan untuk antisipasi potensi bencana saat pelaksanaan Shalat Ied. Aditya mengungkapkan cuaca di Kota Surabaya pada Rabu pagi terpantau cerah dan masyarakat sangat tertib untuk melaksanakan Shalat Ied di Balai Kota maupun Masjid Agung.

"Kondisi lalu lintas sejak pagi hingga siang hari terpantau ramai lancar. Adapun Kota Surabaya diguyur hujan ringan hingga sedang pada siang sampai sore hari," kata Aditya dalam keterangannya.

Aditya mengatakan, BNPB terus melakukan pemantauan bersama TNI Polri pada beberapa titik potensi keramaian masyarakat, khususnya kepadatan kendaraan dalam situasi arus mudik lebaran. Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan Stasiun Meteorologi Juanda-Surabaya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) per 10 April 2024, sebagian besar wilayah Jawa Timur didominasi cuaca cerah berawan dan berawan. Adapun peringatan dini hungan ringan hingga sedang pada malam hari hingga dini hari (11/4).

BNPB pun mengimbau masyarakat Kota Surabaya yang masih maupun akan melakukan perjalanan lebih waspada dan siap siaga terhadap curah hujan yang masih mengguyur sebagian besar wilayah Kota Surabaya maupun Provinsi Jawa Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement