Jumat 12 Apr 2024 18:43 WIB

Libur Lebaran, Pengelola Wisata di Wonogiri Diingatkan Soal Parkir Pengunjung

Polres Wonogiri meminta parkir pengunjung objek wisata tidak memakan badan jalan.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA/Andika Betha
(ILUSTRASI) Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, WONOGIRI — Polres Wonogiri, Jawa Tengah, mengingatkan pengelola objek wisata soal parkir kendaraan pengunjung pada masa libur Lebaran 2024. Parkir kendaraan pengunjung objek wisata diminta tidak mengganggu arus lalu lintas.

Kepala Polres (Kapolres) Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah menekankan pentingnya pengelolaan parkir kendaraan di kawasan wisata agar arus lalu lintas tetap lancar.

Baca Juga

“Jangan sampai ada pembiaran kendaraan pengunjung yang parkir di luar area yang sudah ditentukan, bahkan memakan badan jalan, sehingga dapat menghambat arus lalu lintas,” kata Kapolres, Jumat (12/4/2024).

Pada masa libur Lebaran ini, Kapolres pun menekankan soal keamanan dan keselamatan wisatawan. Khususnya di kawasan wisata air, seperti Waduk Gajah Mungkur, Pantai Nampu, Sembukan, dan Pantai Klotok. Pengelola wisata diminta memastikan keamanan dan keselamatan wisatawan. 

“Pastikan kapal atau perahu wisata dalam kondisi baik, dilengkapi dengan peralatan keselamatan, dan dipandu oleh awak yang kompeten,” kata Kapolres.

Polres Wonogiri bersama petugas gabungan melakukan pengamanan objek wisata selama libur Lebaran ini. Pada Jumat, digelar apel pengamanan objek wisata di halaman kawasan wisata Waduk Gajah Mungkur.

Kapolres mengatakan, apel pengamanan objek wisata diikuti 251 personel gabungan. Selain unsur Polri, diikuti juga personel TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), unsur SAR Kabupaten Wonogiri, pramuka, dan sejumlah unsur terkait lainnya.

Kapolres pun mengimbau masyarakat yang beraktivitas di kawasan wisata agar selalu mematuhi imbauan dari petugas. “Prioritas kami adalah keamanan dan keselamatan pengunjung di tempat wisata. Untuk itu, kami imbau saat berwisata masyarakat dapat mematuhi arahan dari petugas di lapangan. Perhatikan juga barang berharga yang dibawa dan awasi anak kecil yang diajak dalam berwisata,” kata Kapolres.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement