Rabu 17 Apr 2024 13:47 WIB

Bus Pahala Kencana Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto, Ini Penjelasan Polisi

Bus Pahala Kencana itu dikabarkan membawa 34 penumpang.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Petugas berdiri di dekat Bus Pahala Kencana yang ludes terbakar di ruas tol Jombang-Mojokerto (Jomo) KM 705 A Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (17/4/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Petugas berdiri di dekat Bus Pahala Kencana yang ludes terbakar di ruas tol Jombang-Mojokerto (Jomo) KM 705 A Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (17/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG — Bus Pahala Kencana terbakar di ruas jalan Tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur (Jatim), Rabu (17/4/2024). Bus yang terbakar itu dikabarkan membawa penumpang dari Bandung, Jawa Barat, dengan tujuan Denpasar, Bali.

Kepala Unit Patroli Jalan Raya (PJR) Jatim III Satuan PJR Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim AKP Yudiono menjelaskan, bus Pahala Kencana itu yang dikemudikan sopir berinisial A (58 tahun) itu melaju di lajur lambat atau kiri. Setibanya di kilometer (km) 705 A, bus tersebut mengalami pecah ban kanan bagian belakang.

Baca Juga

Akibat kejadian itu, diduga muncul percikan api. “Diduga terjadi gesekan pelek (ban) dan beton, sehingga kendaraan terbakar,” kata Yudiono.

Penumpang bus dievakuasi. Upaya pemadaman kebakaran pun dilakukan. Yudiono mengatakan, posisi akhir bus yang terbakar itu berada di bahu jalan. Polisi sudah melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian, serta meminta keterangan sejumlah saksi terkait kejadian itu.

Dept Head Business & Relation Astra Tol Jombang-Mojokerto (Jomo), Udhi Dwi Saputro, mengatakan, berdasarkan informasi yang diterimanya, di bus Pahala Kencana itu ada empat kru dan 34 penumpang. “Alhamdulillah, info awal tidak ada korban. Keseluruhan penumpang dan kru sudah keluar bus saat terjadi kebakaran,” kata dia, saat dikonfirmasi, Rabu.

Udhi mengatakan, bus Pahala Kencana itu berangkat dari Bandung, dengan tujuan Denpasar. Menurut dia, penumpang bus sudah dievakuasi ke Gerbang Tol (GT) Mojokerto Barat. “Menunggu bus pengganti,” ujar dia.

Ihwal kondisi bus yang terbakar, menurut Udhi, akan diderek. Namun, menunggu penggantian ban bus. “Karena kondisi empat ban hancur terbakar. Ini masih menunggu mobil derek dan empat ban dari garasi Pahala Kencana,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement