Sabtu 20 Apr 2024 09:45 WIB

108 Anak Ikuti Khitan Massal yang Digelar Pemkab Sleman

Khitan massal bagian dari bakti sosial Kabupaten Sleman.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi khitan massal.
Foto: Republika/Ali Yusuf
Ilustrasi khitan massal.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sebanyak 108 anak-anak se Kabupaten Sleman mengikuti bakti sosial khitanan massal di Puskesmas Godean 1, Kamis (18/4/2024). Kegiatan itu dilakukan dalam rangka menyambut Hari Jadi Sleman ke-108.

Danang mengatakan dengan penyelenggaraan acara ini dapat membantu dan meringankan keluarga-keluarga yang anaknya untuk melaksanakan khitan namun tidak memiliki cukup biaya dalam melaksanakan syariat Islam ini.

Baca Juga

"Sunat atau khitan merupakan salah satu bagian dari syariat agama dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki. Kegiatan khitanan massal ini semoga bisa membantu anak-anak yang kurang mampu untuk dapat sunat dan saya berharap bermanfaat mendidik masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat," kata Danang dalam keterangannya.

Danang mengatakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Sleman ke-108 yang mengusung tema 'Greget Nyawiji Lan Hangayomi, Sesarengan Mbangun Sleman' menjadi bentuk semangat menyatukan tekad dan sikap mengayomi seluruh elemen masyarakat Sleman guna memberikan manfaat yang seluas-luasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan  penyerahan simbolis songkok, baju koko dan uang saku bagi anak-anak peserta khitan massal. Sejumlah bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa didampingi Penjabat Sekretaris Daerah Sleman, Eka Suryo Prihantoro.

Panewu Godean, Rohmiyanto menyampaikan terima kasih atas dipilihnya Kapanewon Godean khususnya Puskesmas Godean 1 untuk menggelar khitan massal ini. Ia berharap masyarakat Godean dan seluruh anak-anak Sleman dapat teringankan dengan khitanan massal ini.

"Khitan massal pada hari ini diikuti 108 peserta yang tidak hanya dari Kapanewon Godean namun terbuka untuk seluruh masyarakat khususnya anak-anak se Kabupaten Sleman. Jumlah peserta sesuai dengan usia Kabupaten Sleman yakni 108," ungkapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement