Rabu 24 Apr 2024 08:00 WIB

Enam Kelompok Mahasiswa Unigoro Lolos PKM 2024

Unigoro meloloskan kelompok mahasiswa terbanyak dibanding PTS lain di Bojonegoro.

Enam kelompok mahasiswa Universitas Bojonegoro (Unigoro) berhasil lolos mendapatkan pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024.
Foto: Humas Unigoro
Enam kelompok mahasiswa Universitas Bojonegoro (Unigoro) berhasil lolos mendapatkan pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BOJONEGORO -- Enam kelompok mahasiswa Universitas Bojonegoro (Unigoro) berhasil lolos mendapatkan pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024. PKM adalah kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI untuk meningkatkan mutu mahasiswa. Unigoro selalu mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi di ajang PKM setiap tahunnya. 

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kerja Sama Unigoro, Erwanto, M.Si., menuturkan, enam kelompok mahasiswa yang lolos berasal dari enam prodi yang berbeda. Di skema PKM Karya Cipta (KC) adalah kelompok Anita Sari Al Khoirina Dkk dari prodi teknik industri dengan pembimbing Ardana Putri F., ST., MT. Di skema PKM Pengabdian Mayarakat (PM) ada tiga kelompok. Yakni kelompok Moh. Sukoco Dkk dari prodi hukum dengan pembimbing Irma Mangar, SH., MH.,; kelompok Danar Mustaqim L. Dkk dari prodi administrasi publik dengan pembimbing Ana Kumalasari, S.A.P, M.A.P.; serta kelompok Nelly Agustina R.F. Dkk dari prodi agribisnis dengan pembimbing Fina Sulistyaningsih, SP., MP.

"Di skema PKM Riset Eksakta (RE) kelompok Tita Zakiyya G. Dkk dari prodi Kimia dengan pembimbing Dyah Setyaningrum, M.Si. Lalu yang terakhir adalah PKM Riset Sosial Humaniora (RSH) kelompok Dewi Suwatiningsih Dkk dari prodi ekonomi pembangunan dengan pembimbing M. Saiful Anam, SE., MM.," tuturnya pada Rabu (24/4/2024).

Erwanto melanjutkan, tahun ini total ada 61 kelompok mahasiswa yang berpartisipasi di PKM 2024. Mereka telah melalui proses kurasi dari pemilihan skema hingga judul sejak Februari. Unigoro meloloskan kelompok mahasiswa terbanyak dibanding perguruan tinggi swasta (PTS) lainnya di Kabupaten Bojonegoro.

"Setiap tahun kita punya target kelompok-kelompok yang lolos harus bertambah dibanding tahun sebelumnya. Sekaligus kelompok yang lolos mewakili seluruh prodi Unigoro. Tahun lalu, yang lolos hanya kelompok dari prodi kimia, administrasi publik, dan agribisnis. Ternyata banyak prodi-prodi lain yang berhasil mendobrak PKM 2024," ungkapnya bangga.

Dosen prodi kimia Unigoro ini berharap, enam kelompok mahasiswa yang lolos pendanaan PKM 2024 bisa menjadi inisiator di prodi masing-masing. "Supaya ada regenerasi di setiap prodi. Kultur PKM ini harus melekat. Sehingga budaya akademis khususnya di bidang riset akan menjadi habit (kebiasaan-Red) bagi mahasiswa," kata Erwanto. (adv)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement