Senin 13 May 2024 09:38 WIB

Surabaya Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19, Dua Stadion Disiapkan

Pemkot Surabaya membenahi salah satu stadion untuk ajang Piala AFF U-19.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Kota Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Republika/Thoudy Badai
(ILUSTRASI) Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Kota Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Kota Surabaya, Jawa Timur, akan menjadi tuan rumah ajang sepak bola Piala AFF U-19, yang dijadwalkan pada 17 Juli-29 Juli 2024. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan dua stadion untuk kejuaraan tingkat ASEAN itu.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, pemkot menyiapkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Stadion Gelora 10 November (G10N). “Ada dua stadion yang akan digunakan, Stadion GBT dan Stadion G10N. Karena itu, kita akan segera memperbaiki Stadion G10N untuk melakukan pengecatan, sekaligus tempat duduknya karena ada beton-beton yang harus kita lapisi kembali,” kata Eri, Ahad (12/5/2024).

Baca Juga

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Hidayat Syah, secara keseluruhan dua stadion yang akan digunakan untuk tempat pertandingan Piala AFF U-19 siap untuk digunakan. Hanya saja, kata dia, perlu dilakukan beberapa perbaikan minor, seperti pengecatan dan pelapisan beton bangunan. “Yang di Tambaksari (Gelora G10N) hanya butuh pengecatan saja. Kalau yang di Stadion GBT ready semua,” ujar dia.

Disbudporapar Kota Surabaya juga menyiapkan lapangan latihan, seperti Lapangan Thor Gelora Pancasila, serta lapangan A, B, dan C di Stadion GBT. “Artinya kita sudah siapkan semua. Nanti kan juga ada voli Proliga, rencananya digelar di GOR GBT,” kata Hidayat.

Eri bersyukur Surabaya dipercaya kembali menjadi tuan rumah pertandingan olahraga bertaraf internasional. Ia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mendukung tim nasional (timnas) Indonesia pada laga Piala AFF U-19 nanti.

Selain Piala AFF U-19, Eri mengatakan, Surabaya dipercaya menjadi tuan rumah pertandingan voli Proliga 2024. Rencananya pertandingan tersebut akan digelar di GOR Stadion GBT pada 4 Juli hingga 7 Juli 2024. “Alhamdulillah, Surabaya semakin banyak dipercaya oleh semua pihak. Karena apa? Setiap ada pertandingan di Surabaya selalu penuh (penonton). Ini menunjukkan bahwa Surabaya adalah kota olahraga,” katanya.  

Ada juga agenda olahraga mahasiswa se-ASEAN atau ASEAN University Games (AUG) ke-XXI 2024 yang bakal digelar di Surabaya. “Ada event internasional untuk mahasiswa tingkat ASEAN di Surabaya. Nah, tuan rumahnya adalah Unesa,” ujar Eri.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement