Ahad 19 May 2024 13:34 WIB

Gelar Perdana 'Pejuang Run', Hipmi PT UGM Ingin Rajut Kembali Persatuan

Acara ini bertujuan memupuk semangat persatuan dan menghargai keanekaragaman.

Para peserta event lari Pejuang Run sesaat setelah memulai perlombaan di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM, Ahad (19/5/2024).
Foto: Republika/Fernan Rahadi
Para peserta event lari Pejuang Run sesaat setelah memulai perlombaan di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM, Ahad (19/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Perguruan Tinggi (PT) Universitas Gadjah Mada untuk pertama kalinya menyelenggarakan event lari Pejuang Run di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM, Ahad (19/5/2024). Acara ini bertujuan untuk memupuk semangat persatuan dan menghargai keanekaragaman guna melupakan perselisihan yang tercipta pada Pemilu 2024.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, dalam sambutannya berharap melalui event lari ini masyarakat Indonesia bisa kembali memperkuat solidaritas kebersamaan serta semangat juang sebagai bangsa Indonesia. 

"Apalagi sebentar lagi, pada 20 Mei 2024, terdapat momen Hari Kebangkitan Nasional yang merupakan momen bersejarah. Marilah kita jadikan momen ini sebagai sebuah bentuk kehormatan terhadap semangat persatuan bangsa," kata Dito dalam kata sambutannya yang dilakukan secara daring, Ahad pagi.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal BPP Hipmi, Anggawira, berharap event Pejuang Run ini menjadi suatu inspirasi untuk membuat generasi muda yang sehat yang mampu memanfaatkan bonus demografi tidak hanya dari sisi intelektual tapi juga generasi muda yang memiliki kesehatan yang prima.

"Kami percaya bahwa acara seperti ini dapat memupuk semangat persatuan dan solidaritas di antara kita semua. Selain itu ini juga menjadi bentuk semangat teman-teman dalam menanamkan jiwa kewirausahaan," kata Anggawira.

Ketua Umum BPD HIPMI DIY, Aditya Bima, menyatakan kebanggaannya terhadap antusiasme yang tinggi dari peserta. "Hampir 800 peserta yang hadir hari ini menunjukkan betapa besar semangat kita untuk bersatu dan bergerak maju bersama," ujarnya. 

Sementara itu Ketua Hipmi PT UGM, Vieri Rizkitama menyatakan bahwa Pejuang Run merupakan upaya untuk menginspirasi semangat persatuan di tengah masyarakat. "Dengan semangat yang penuh tantangan, kami berharap peserta tidak hanya mengejar prestasi fisik, tetapi juga menjadi pionir dengan visi yang kuat untuk memajukan bangsa," katanya. 

Ketua Pelaksana Muhammad Fadli La Hadalia juga menyampaikan apresiasi kepada semua peserta dan panitia yang telah berpartisipasi dan mendukung acara ini. "Kami sangat menghargai kontribusi semua pihak dalam mewujudkan  acara ini. Semangat persatuan dan kebersamaan yang ditunjukkan oleh para peserta sangat luar biasa," katanya. 

Acara ini berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan. Kompetisi lari ini terbagi menjadi beberapa kategori, memberikan kesempatan bagi semua peserta untuk menunjukkan kemampuan mereka di lintasan yang menantang. 

Rute lomba Pejuang Run dimulai dari Graha Sabha Pramana dan melintasi berbagai jalan penting di lingkungan Universitas Gadjah Mada. Peserta memulai perjalanan mereka di Graha Sabha Pramana, kemudian melewati Jalan Bhineka Tunggal Ika, berlanjut ke Jalan Pancasila, Jalan Colombo, dan Jalan Prof DR Drs Notonagoro. Dari sana, mereka melintasi Jl. Lembah UGM, Jalan Agro, dan Jalan Olahraga, sebelum kembali ke Jalan Bhinneka Tunggal Ika. Lintasan kemudian membawa peserta ke Jalan Tevesia, Jalan Rengguli, dan Jalan Pancasila, sebelum akhirnya kembali ke Graha Sabha Pramana untuk menyelesaikan lomba. 

Acara ini juga dimeriahkan oleh kehadiran Brand Ambassador Danang Giri Sadewa, seorang konten kreator edukasi yang aktif membuat konten bermanfaat bagi banyak pelajar di Indonesia. Danang turut berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran dan semangat peserta melalui kehadirannya yang inspiratif. Selain itu, penampilan dari GoYoung! turut memeriahkan suasana, menambah energi dan semangat dalam acara ini. 

Setelah lomba lari selesai, acara dilanjutkan dengan sebuah expo yang menampilkan lebih dari 30 tenant UMKM. Expo ini memberikan kesempatan bagi para peserta dan pengunjung untuk melihat dan membeli berbagai produk lokal, serta mengenal lebih dekat usaha-usaha kecil yang ada di daerah Yogyakarta. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement