Kamis 01 Aug 2024 16:14 WIB

Klitih Merajalela di Yogyakarta, Polisi Gencarkan Patroli Malam dan Dini Hari

Setiap remaja yang nongkrong pada malam hari akan diperiksa.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Karta Raharja Ucu
5 Faktor Penyebab Klitih di DIY
Foto: republika.co.id
5 Faktor Penyebab Klitih di DIY

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Polisi terus menggencarkan patroli, baik patroli mobile maupun patroli dialogis di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Patroli ini dilakukan hingga dini hari untuk mengantisipasi kenakalan maupun kejahatan jalanan, utamanya yang berpotensi dilakukan remaja.

Panit Samapta Polsek Kasihan, Polres Bantul, Ipda Sigit Budi H mengatakan, selama patroli dilakukan pemeriksaan terhadap para remaja yang ditemukan masih berkumpul (nongkrong) hingga malam dan dini hari. "Ini untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja seperti tawuran, dan aksi geng motor, serta balap liar,” kata Sigit dalam keterangannya, Kamis (1/8/2024).

Sigit menyebut, pihaknya masih menemukan remaja-remaja yang beraktivitas di luar rumah hingga malam dan dini hari. Terhadap remaja tersebut, diberikan imbauan agar tidak terlibat dalam kejahatan jalanan, maupun kenakalan remaja lainnya seperti aksi balap liar dan aksi geng motor.

“Apabila kedapatan terlibat dalam aksi geng motor, maka tidak ada toleransi dan akan ditindak sesuai Hukum yang berlaku,” ucap Sigit.

Sementara itu, Kapolsek Kasihan, Kompol Suharno mengatakan, patroli yang dilakukan merupakan kegiatan rutin. Selain untuk mengantisipasi berbagai potensi kejahatan dan kenakalan remaja, patroli ini juga dalam rangka mendekatkan diri dengan warga agar tercipta rasa aman, dan nyaman di lingkungan masyarakat.

“Karena dengan semakin harmonisnya polisi dan masyarakat, akan lebih memudahkan dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang aman, dan kondusif di wilayah,” kata Suharno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement