Rabu 01 Sep 2021 22:31 WIB

Angkasa Pura I Serahkan Aset Balkondes ke Pemkab Purbalingga

Balkondes sangat memberikan manfaat bagi pengelola objek wisata setempat.

Angkasa Pura I Serahkan Aset Balkondes ke Pemkab Purbalingga (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Angkasa Pura I Serahkan Aset Balkondes ke Pemkab Purbalingga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- PT Angkasa Pura I menyerahkan bantuan berupa aset bangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga sebagai bagian dari program pertanggungjawaban sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR).

"Kami berharap Balkondes ini bisa dimanfaatkan dengan baik, kemudian bisa membantu pemulihan ekonomi di sektor pariwisata," kata Vice President Secretary PT Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Rabu (1/9).

Dia menjelaskan aset bangunan Balkondes tersebut berlokasi di kawasan objek wisata Goa Lava Purbalingga.Dia menambahkan, CSR pembangunan Balkondes ini merupakan sinergi dari enam BUMN, yakni PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, PT Perusahaan Gas Negara, PT BRI, PT Pupuk Indonesia dan PT KAI.

Dia mengatakan, kendati kondisi pandemi telah berdampak pada beberapa sektor, namun CSR tersebut menjadi bukti bahwa dalam kondisi sesulit apapun pihaknya terus berupaya berkontribusi. Dia menambahkan, Balkondes yang dimaksud terdiri dari empat unit "homestay" berarsitektur rumah nanas, satu unit bangunan publik, bangunan amfiteater hingga penerangan taman, instalasi pemipaan air bersih, instalasi pemipaan air kotor dan instalasi pemipaan air bekas.

 

Sementara itu dia juga menambahkan pembangunan Balkondes tersebut dilakukan sejak akhir tahun 2019 yang lalu. Sementara itu, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan apresiasi atas bantuan pembangunan Balkondes di Golaga yang merupakan program CSR sinergi BUMN.

"Meskipun wisata belum bisa buka, namun untuk kabupaten zona level 3 termasuk Purbalingga sudah diperbolehkan melakukan simulasi terbatas," katanya.

Bupati menambahkan, dengan tuntasnya pembangunan Balkondes tersebut maka diharapkan bisa menambah semangat dan gairah kembali pelaku wisata khususnya di Golaga.

"Balkondes sangat memberikan manfaat bagi pengelola objek wisata setempat, oleh karena itu kami berpesan agar Balkondes dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pengelola," katanya.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement