Selasa 16 Nov 2021 10:33 WIB

Cerita Relief Candi Borobudur dalam Bentuk Animasi

Film animasi Jataka terinspirasi dari relief Jataka Candi Borobudur dan Candi Mendut

Sejumlah wisatawan berada di kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jateng
Foto:

Kemudian kisah Rusa Sharabha terdapat di Candi Borobudur yang menceritakan mengenai seorang raja yang gemar berburu. Kemampuan berburu dan memanah telah membuatnya menjadi seorang raja yang sombong. Suatu hari raja berangkat ke hutan untuk berburu. Sang raja pemburu memasang panahnya dan membidik rusa Sharabha yang telah lama ditunggu. Panah sang raja pun melesat tetapi rusa Sarabha sangat lincah dan berhasil menghindar.

Rusa Sarabha dengan lincah melompati lubang besar, tetapi Sang Raja Pemburu jatuh terperosok ke dalam lubang yang sangat dalam. Rusa Sarabha menghentikan larinya dan berbalik menuju lubang besar untuk menolong raja yang baru saja mengincar nyawanya itu. Akhirnya, Sang Raja Pemburu berhasil selamat dan mengucapkan terima kasih dan ingin membalas kebaikan rusa Sarabha.

Namun Sarabha dengan halus menolak hadiah dari Sang Raja Pemburu dan memberikan nasihat untuk menghargai kehidupan makhluk lain dari pada berburu untuk bersenang-senang. Sang Raja Pemburu pun tersadar akan kesalahannya, kemudian pulang ke kerajaannya dan tidak pernah berburu lagi. Tidak pernah menyombongkan apa-apa lagi dan memerintah kerajaan dengan bijak dan penuh kasih sayang.

Yudi berharap dengan adanya tayangan ini memperluas internalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam relief terutama anak-anak agar tumbuh rasa mencintai terhadap budaya sendiri.

"Film ini bisa disaksikan di Platform Indonesiana.TV atau di Channel Youtube Balai Konservasi Borobudur," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement