Senin 24 Jan 2022 14:59 WIB

Berbagai Persiapan Haji Mulai Dilakukan Kemenag DIY

Sejak 7 Januari 2022 telah mulai mengadakan bimbingan manasik secara virtual.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Bimbingan haji menggunakan fasilitas Zoom Meeting dan melalui siaran langsung dari kanal YouTube.
Foto: Dokumen.
Bimbingan haji menggunakan fasilitas Zoom Meeting dan melalui siaran langsung dari kanal YouTube.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY mulai melaksanakan berbagai kegiatan untuk jamaah haji dalam rangka kesiapan penyelenggaraan ibadah haji. Khususnya, oleh Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag DIY.

Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag DIY, Ahmad Fauzi mengatakan, mereka melakukan persiapan jamaah haji dengan dibukanya penyelenggaraan ibadah umroh. Sehingga, jika ibadah haji 2022 Masehi/1443 Hijriah dilakukan jamaah DIY siap berangkat.

Ia menerangkan, Kanwil Kemenag sejak 7 Januari 2022 telah mulai mengadakan bimbingan manasik secara virtual (online). Bimbingan diberikan menggunakan fasilitas Zoom Meeting dan melalui siaran langsung dari kanal YouTube. "Kami laksanakan setiap Jumat siang dan ditargetkan sampai 21 kali pertemuan," kata Fauzi, Senin (24/1).

Tidak cuma bimbingan manasik haji, mereka turut mengoordinasi jamaah-jamaah haji yang paspornya sudah kadaluwarsa atau habis masa berlakunya untuk diperpanjang. Ia mengungkapkan, ada 166 paspor jamaah haji yang masa berlakunya sudah habis.

 

Selain itu, Kanwil Kemenag DIY menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk vaksinasi dosis ketiga (booster) bagi jamaah haji. Bersama Pemda DIY, Kanwil Kemenag DIY sudah pula melakukan penyaringan untuk calon petugas haji daerah.

Terkait bimbingan manasik haji virtual, Fauzi menekankan, materi-materi yang disampaikan meliputi kebijakan penyelenggaraan haji dan pelayanan kesehatan. Kemudian, manasik haji, akidah dan psikologi haji, ahlak dan hikmah haji.

Disampaikan pula informasi-informasi terbaru persiapan pelaksanaan ibadah haji dari narasumber yang telah mengantongi sertifikat pembimbing haji profesional. Fauzi berharap, semua jamaah haji DIY dapat mengikuti bimbingan manasik virtual.

"Sehingga, paham perkembangan terkini persiapan penyelenggaraan ibadah haji yang akan datang," ujar Fauzi.

Pemberangkatan jamaah umroh dari Indonesia sendiri sudah dibuka sejak 9 Januari 2022. Penyelenggaraan umrah dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol secara ketat baik di Tanah Air maupun di Tanah Suci.

Keberangkatan diprioritaskan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang menggunakan penerbangan langsung melalui Bandara Soekarno Hatta. Kepulangan jamaah umrah mengikuti kebijakan yang ditetapkan Satgas Penanganan Covid-19.

Mengacu Kebijakan Umrah Satu Pintu, empat penerbangan awal menggunakan Asrama Haji Jakarta sebagai lokasi screening. Kemenag provinsi dan kabupaten/kota wajib melakukan pengawasan keberangkatan jamaah umrah di wilayah kerja masing-masing.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement