Selasa 14 Nov 2023 11:22 WIB

Seleksi CASN 2023, Kanwil Kemenag DIY Siap Layani 4.367 Peserta

Tes seleksi CPPPK 2023 adalah tahap penting dalam rekrutmen calon pegawai pemerintah.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Peserta mengikuti Ujian Seleksi Kompetensi (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Peserta mengikuti Ujian Seleksi Kompetensi (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY tengah bersiap-siap untuk melaksanakan tes seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023. 

Kanwil Kemenag DIY mendapatkan kuota untuk pengisian jabatan ASN Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK). Ketua Tim Kepegawaian dan Hukum, Husni Tamrin menjelaskan, tes CPPPK ini akan berlangsung di Jogja Expo Center (JEC) dengan JEC 1 sebagai lokasi utama. 

"Kanwil Kemenag DIY sebagai panitia satuan kerja telah memulai persiapan intensif termasuk survei lokasi tes pada Jumat pekan lalu,” ujar Husni Tamrin dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (14/11/2023).

Tes seleksi CPPPK 2023 adalah tahap penting dalam rekrutmen calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang melibatkan ribuan pelamar. Hal ini sesuai pengumuman dari Sekretaris Jenderal Kemenag RI Nomor P-7545/SJ/B.II/.2/KP.00.2/11/2022 tentang Pelaksanaan Seleksi Kompetensi CPPPK Kementerian Agama RI Tahun Anggaran 2023.

"Pada tahun ini, sejumlah 4.367 peserta pelamar Kementerian Agama akan melaksanakan tes di JEC. Itu berarti Kanwil Kemenag DIY harus bersiap untuk melayani dan memastikan kelancaran pelaksanaan tes," jelas Tamrin.

Tes CASN 2023 Kementerian Agama dengan titik lokasi JEC 1 ini dijadwalkan akan berlangsung selama 4 hari, mulai dari 20 November hingga 23 November mendatang.

"Untuk hari kedua dan ketiga, kita full dari Kementerian Agama. Sedangkan hari pertama dan keempat, kita beririsan dengan instansi lain," katanya.

Menyikapi pentingnya kesiapan, pihaknya telah memulai proses persiapan dengan melakukan survei lokasi tes di Gedung JEC. Survei ini bertujuan untuk memastikan fasilitas dan kondisi gedung sesuai dengan kebutuhan tes seleksi CASN 2023. Panitia BKN juga telah mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung lainnya, seperti ruang tunggu, layanan informasi, dan lokasi parkir yang memadai. Hal ini dilakukan untuk memastikan peserta merasa nyaman selama pelaksanaan tes.

Kanwil Kemenag DIY juga bekerja sama dengan tim BKN untuk memeriksa segala aspek teknis yang diperlukan, seperti jaringan internet, lab komputer, peralatan, dan keamanan ruangan. Selain itu survei ini juga sekaligus mencermati alur proses pelaksanaan ujian, mulai dari peserta menuju tempat registrasi hingga memasuki ruang ujian.

Survei lokasi ini adalah salah satu langkah awal dalam memastikan bahwa pelayanan yang akan diberikan dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi peserta selama mengikuti ujian di Gedung JEC. 

"Tes seleksi CPPPK 2023 diharapkan akan berjalan lancar, dan para peserta agar terus memantau informasi resmi terkait dengan jadwal dan persyaratan tes," kata Tamrin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement