Jumat 28 Jan 2022 22:13 WIB

Beri Akses Teras Malioboro, PKL Sepatu Jalan Mataram Bongkar Kios

Pedagang sepatu akan ditempatkan di Teras Malioboro 1.

Pekerja membongkar bangunan kios sepatu di Jalan Mataram, Yogyakarta, Jumat (28/1/2022). Pembongkaran kios sepatu ini untuk pembuatan akses masuk Teras Malioboro II di lahan eks Dinas Pariwisata Yogyakarta. Kios yang dibongkar juga mendapat jatah los di Teras Malioboro I.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pekerja membongkar bangunan kios sepatu di Jalan Mataram, Yogyakarta, Jumat (28/1/2022). Pembongkaran kios sepatu ini untuk pembuatan akses masuk Teras Malioboro II di lahan eks Dinas Pariwisata Yogyakarta. Kios yang dibongkar juga mendapat jatah los di Teras Malioboro I.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pedagang kaki lima yang menjual sepatu di Jalan Mataram mulai membongkar kios yang selama ini digunakan untuk berjualan karena lokasi tersebut akan digunakan sebagai salah satu akses menuju Teras Malioboro 2, Yogyakarta.

Teras Malioboro 2 adalah lokasi penempatan PKL Malioboro yang berada di lahan bekas gedung Dinas Pariwisata DIY. Nantinya, akan ada dua akses masuk ke Teras Malioboro 2 yaitu dari Jalan Malioboro dan dari Jalan Mataram.

“Pengemasan barang-barang sudah mulai dilakukan pekan lalu. Hari ini memang direncanakan sudah harus bersih,” kata salah satu PKL sepatu Jalan Mataram Veronika di Yogyakarta, Jumat (28/1/2022).

Ia dan pedagang lainnya memilih mengemasi dan membongkar kios secara mandiri agar barang-barang dagangan yang dimiliki tidak tercecer dan akhirnya justru hilang. Pedagang sepatu akan ditempatkan di Teras Malioboro 1 atau di bekas gedung Bioskop Indra.

 

“Untuk penataan barang dagangan di Indra harus disesuaikan lagi dan masih melengkapi beberapa barang lain yang dibutuhkan,” katanya.

Meskipun demikian, ia menyebut jika pedagang merasa sedikit kecewa dengan kebijakan relokasi yang harus dilakukan karena lokasi penempatan yang tidak sesuai keinginan pedagang.

“Kalau berjualan di pinggir jalan seperti sekarang akan memudahkan pembeli. Saat lihat ada yang bagus, pembeli cukup mampir,” ujarnya yang menyebut kios PKL sepatu Jalan Mataram akan ramai dikunjungi saat libur sekolah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta, Hari Setya Wacana mengatakan, pembangunan akses menuju Teras Malioboro 2 akan langsung dikerjakan jika tidak ada lagi kios pedagang sepatu.

“Hari ini ditargetkan clear dan bisa langsung dilakukan pembangunan akses,” katanya. Ia menyebut, akan berusaha secepatnya untuk menyelesaikan pembangunan akses menuju Teras Malioboro 2.

“Sebagaimana akses dari Jalan Malioboro, maka akses dari Jalan Mataram ini juga untuk akses masuk dan keluar pembeli,” jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta PKL Malioboro yang akan menempati Teras Malioboro 2 untuk tidak mengkhawatirkan lokasi penempatan karena nantinya tidak ada yang berlokasi di belakang.

“Akses dibuka dari Jalan Malioboro dan Jalan Mataram. Sehingga tidak perlu khawatir dimanapun ditempatkan. Penempatan akan dilakukan dengan undian,” kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement