Ahad 17 Apr 2022 18:57 WIB

Sleman Buat Pasar Lebaran Jelang Idul Fitri

Pameran luring Kendi Sembada dilaksanakan selama empat hari.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pasar Lebaran yang digelar Pemkab Sleman.
Foto: Wahyu Suryana.
Pasar Lebaran yang digelar Pemkab Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Purnomo, membuka Pasar Lebaran 2022 di Atrium Hartono Mall. Agenda ini termasuk dalam Pameran Virtual Peken Digital (Kendi) Sembada yang dilaksanakan sebagai bentuk dukungan perkembangan UMKM di Sleman.

Pasar Lebaran 2022 mengusung tema 'Bangga Berlebaran dengan Borong Bareng Produk Sleman.' Dalam sambutannya, Kustini mengimbau masyarakat untuk dapat senantiasa menjadikan produk-produk UMKM dari Sleman sebagai prioritas utama.

Baca Juga

Termasuk, kata Kustini, dalam memilih suatu produk atau barang kebutuhan saat menyambut Hari Raya Idul Fitri maupun kebutuhan sehari-hari. Selain sebagai pemenuhan kebutuhan, sikap itu bisa mendukung perkembangan UMKM di Sleman.

"Gerakan sederhana ini bila dilakukan bersama-sama tentunya sangat berarti bagi kemajuan dan perkembangan pengrajin serta produsen produk makanan dan olahan yang tergabung dalam UMKM Kabupaten Sleman," kata Kustini, Sabtu (16/4/2022).

 

Turut hadir dalam pembukaan Ketua Komisi A DPRD Sleman, Ani Martanti dan Sekda Sleman, Harda Kiswaya. Acara dibuka simbolis dengan pemotongan pita Bupati didampingi Ketua Komisi A dan Sekretaris Daerah, dilanjutkan peninjauan stan.

Dalam Laporannya, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman, Haris Martapa menyampaikan, kegiatan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, diselenggarakan secara daring dan secara luring.

Ia menerangkan, pameran luring Kendi Sembada dilaksanakan selama empat hari dari 14-17 April 2022 dan disediakan sebanyak 34 stan. Sedangkan, pameran virtual berlangsung selama tiga bulan mulai 14 April-15 Juli 2022 diikuti 277 pelaku UMKM.

"Dengan diselenggarakan secara online maupun offline, diharapkan acara ini dapat meningkatkan jangkauan pasar UMKM, mengoptimalkan media promosi, serta menambah jejaring usaha UMKM sebagai arah UMKM siap naik kelas," ujar Haris. 

Haris menambahkan, Pasar Lebaran maupun Pameran Kendi Sembada tahun ini turut didukung dengan berbagai kegiatan dan perlombaan. Mulai dari Sleman Smart Campaign, Hampers Lebaran Challenge, Workshop Perawatan dan Budidaya Anggrek.

Kemudian, ada pula Suara Telenta Sembada, Lomba Melukis Caping, Parade Fashion Show Produk Kreatif Sleman, Stand Up Komedi, Demo Merajut, Lomba Tari Kreasi Nusantara dan Workshop Marketplace yang dapat dimanfaatkan untuk konsultasi. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement