Selasa 26 Apr 2022 22:49 WIB

Jawa Timur Lanjutkan Tradisi Lepas Atlet Menuju SEA Games Vietnam

olahraga adalah salah satu cara untuk menumbuhkan nasionalisme.

Jawa Timur Lanjutkan Tradisi Lepas Atlet Menuju SEA Games Vietnam (ilustrasi).
Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Jawa Timur Lanjutkan Tradisi Lepas Atlet Menuju SEA Games Vietnam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Jawa Timur melanjutkan tradisi melepas atlet mereka yang tergabung dalam Kontingen Indonesia untuk SEA Games Hanoi, Vietnam yang akan bergulir pada 12-23 Mei.

Bertempat di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa malam (26/4/2022), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hadir langsung untuk melepas sekaligus memberikan motivasi kepada atlet sebelum mengikuti pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-31 tersebut.

Baca Juga

Secara keseluruhan, atlet Jawa Timur yang masuk ke skuad Merah Putih di SEA Games Hanoi berjumlah 71 atlet. Kemudian ada 19 pelatih yang turut terlibat. Mereka akan tampil pada 19 cabang olahraga dari 32 yang diikuti Indonesia.

"Kalau pelatih, dan ofisial menyatu dengan atletnya, semua dalam posisi semangat 45. Semangat pantang menyerah, harus berjuang demi Merah Putih," kata Khofifah yang juga memberikan tali asih kepada atlet dan pelatih.

 

"Atlet Jawa Timur harus mampu mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya Indonesia di Vietnam. Raih emas sebanyak mungkin dan buatlah bangga Indonesia di mata dunia lewat prestasi kalian. Saya yakin Jawa Timur mampu," ujar Khofifah menambahkan.

Menurut Khofifah, olahraga adalah salah satu cara untuk menumbuhkan nasionalisme. Setiap atlet akan dilatih, dan dibimbing untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jawa Timur, Muhammad Nabil, berpesan agar atlet dari daerahnya bisa membuktikan layak menjadi andalan. "Semangat itu harus tertanam di dada. Jangan pernah menyerah," ujar Nabil.

Pada SEA Games edisi sebelumnya di Filipina pada 2019, atlet yang berasal dari Jawa Timur berjumlah 119 orang dan 29 pelatih. Ketika itu, atlet Jawa Timur menyumbang 26 emas, 19 perak, 19 perunggu. Adapun secara keseluruhan Kontingen Indonesia di Filipina meraih 72 emas, 84 perak, 111 perunggu.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement