Kamis 07 Jul 2022 03:35 WIB

Peternak di Tulungagung Keluhkan Minimnya Tenaga Kesehatan Hewan

Banyak ternak warga yang mati.

Peternak memberi pakan kepada sapi mereka di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur. ilustrasi
Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko
Peternak memberi pakan kepada sapi mereka di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG -- Sejumlah peternak mengeluhkan minimnya jumlah tenaga kesehatan hewan yang ditugaskan di desa-desa dan kelurahan di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur sehingga menyebabkan kinerja layanan tidak optimal."Musim (wabah) PMK begini seharusnya mantri (petugas kesehatan) hewan ditambah," ucap Oni, salah satu peternak sapi perah di Kecamatan Pagerwojo, Rabu (6/7/2022).

Keterbatasan SDM menyebabkan kinerja para petugas lapangan sering terkendala jarak sementara banyaknya ternak yang terjangkit PMK.Akibatnya, banyak ternak warga yang mati. 

Baca Juga

Petugas pun tak bisa berbuat banyak lantaran kondisi ternak yang sudah terlanjur buruk.Untuk menghindari kerugian lebih, beberapa peternak menjual sapinya jauh dari harga pasaran. Nominalnya antara Rp1 juta hingga Rp 2 juta.

Padahal normalnya, harga sapi dewasa berkisar sekitar Rp 20 jutaan. Banyak dari peternak yang membeli sapi dengan uang piijaman dari bank. 

Saat terjadi PMK, sapi itu dijual dengan harga murah.Sementara itu Kabid Kesehatan Hewan pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tulungagung, Titis Sumariyani akui jika dokter hewan dari dinas yang ada sangat terbatas.

Untuk Kecamatan Pagerwojo dan Sendang hanya ada satu tenaga dokterPadahal jumlah populasi sapi di dua kecamatan itu mencapai puluhan ribu ekor. "Kalau Sendang-Pagerwojo dokter hewan dari dinas cuma. Sementara sapi yang 'terkena' milik satu orang," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement