Jumat 26 Aug 2022 08:32 WIB

Surabaya Buka Pendaftaran Beasiswa Gelombang 2 Jenjang SMA

Pendaftaran gelombang 2 mulai 23 Agustus sampai 7 September 2022.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.
Foto: Dokumen
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya kembali membuka pendaftaran beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya gelombang 2 yang dikhususkan bagi pelajar jenjang SMA/SMK/MA sederajat. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pun mengajak anak-anak muda di Kota Pahlawan yang merasa butuh beasiswa dan tengah menempuh pendidikan jenjang SMA sederajat, untuk segera mengajukannya ke Pemkot Surabaya.

"Pendaftaran gelombang 2 ini mulai 23 Agustus sampai 7 September 2022. Jadi, ayo segera daftarkan diri kalian,” kata Eri di Surabaya, Jumat (26/8/2022).

Dijelaskan, program beasiswa ini untuk menunjang beasiswa yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Ia berharap beasiswa ini dapat memberikan dampak positif bagi generasi muda di Surabaya, agar tidak ada lagi siswa putus sekolah karena tidak mampu membayar SPP.

“Semoga tidak ada lagi pemuda Surabaya yang putus sekolah atau tidak bisa melanjutkan sekolahnya,” ujarnya.

 

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menjelaskan, pendaftaran beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya gelombang 1 sudah dilaksanakan mulai 17-24 Juni 2022. Kini, beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya gelombang 1 ini sudah memasuki seleksi administrasi.

“Jadi, kita sudah saring MBR-nya (masyarakat berpenghasilan rendah) dan studinya, karena terkadang adik-adik SMK ini tidak mengisi lengkap di aplikasi, sehingga kita tidak tahu detail profil penerima beasiswa itu. Makanya diperlukan seleksi administrasi ini, kalau sudah administrasinya, lalu kita umumkan yang lolos,” kata dia.

Wiwiek menambahkan, beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya kuotanya sebanyak 13.415 siswa. Kuota itu sudah terpenuhi di gelombang 1 sebanyak 1.421 siswa. Artinya, pendaftaran di gelombang 2 memberi kesempatan bagi sekitar 11.994 siswa untuk mendapatkan beasiswa tersebut. “Jadi, kuotanya sangat banyak. Monggo dimanfaatkan dan segera daftar,” ujarnya.

Kepala Bidang Kepemudaan Disbudporapar Surabaya, Pudji Astuti, menjelaskan bahwa pendaftaran beasiswa ini tidak jauh beda dari gelombang 1. Pendaftaran beasiswa itu dilakukan secara online di laman besmart.surabaya.go.id.

Beasiswa yang diberikan merupakan bantuan biaya pendidikan. Nantinya, mereka yang mendapatkan beasiswa akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 200 ribu per anak per bulan, terhitung sejak diputuskan.

Adapun persyaratan untuk memproleh beasiswa adalah pemuda warga Surabaya yang sedang menempuh jenjang pendidikan SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta, melampirkan rapor terakhir, memiliki kesehatan yang memadai, serta mengisi form dan mengunggah file dokumen pada aplikasi Besmart, yaitu besmart.surabaya.go.id.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement