Kamis 08 Sep 2022 14:26 WIB

Sleman Sabet Emas Cabor Boccia Ajang Peparda DIY

Boccia merupakan olahraga yang dikenalkan pertama kali pada Paralimpiade 1984.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Penyerahan medali emas cabang olahraga boccia ajang Peparda DIY kepada kontingen Sleman.
Foto: Wahyu Suryana
Penyerahan medali emas cabang olahraga boccia ajang Peparda DIY kepada kontingen Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kontingen Sleman cabang olahraga (cabor) boccia berhasil meraih medali emas dalam gelaran Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) III DIY. Pada pertandingan final, kontingen Kabupaten Sleman berhasil mengungguli kontingen-kontingen lain.

Pertandingan puncak berlangsung di Yakkum Hall pada 7 September 2022. Kontingen Sleman menjadi jawara dengan perolehan empat medali emas, dua medali perak dan satu medali perunggu, mengungguli Yogyakarta dan Kabupaten Bantul.

Medali emas diserahkan kepada juara-juara dalam pertandingan boccia oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. Selain itu, Danang berkesempatan turut serta dalam pertandingan eksibisi boccia bersama ketua NPC DIY dan atlet boccia.

Atas raihan itu, Ketua National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Sleman, Suwartoyo mengatakan, sampai saat ini Kabupaten Sleman telah meraih sebanyak 18 medali emas dalam gelaran Peparda III DIY. Jumlah ini masih bisa bertambah lagi.

"Dikarenakan masih terdapat beberapa cabang olahraga yang sedang mempertandingkan laga final," kata Suwartoyo, Kamis (8/9/2022).

Boccia sendiri merupakan olahraga yang dikenalkan pertama kali pada Paralimpiade 1984, dan belakangan mulai banyak dipertandingkan di dunia. Cara bermain boccia dengan melempar bola berukuran diameter 100 milimeter dengan berat 275 gram.

Ukuran lapangan untuk memainkan boccia 12,5x6 meter, dan area kursi roda untuk melempar bola 2,5x1 meter. Ada enam kotak yang terisi penuh saat pertandingan beregu, dan satu tim berisi tiga orang dan masing-masing melempar satu bola.

Untuk permainan berpasangan setiap orang melempar tiga bola dan untuk tunggal melempar enam bola. Durasi pertandingan enam menit untuk tunggal, lima menit untuk pasangan, enam menit untuk beregu dan dua wasit memimpin pertandingan.

Laga puncak turut disaksikan Ketua NPC DIY, Hariyanto. Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengaku bangga sekaligus mengapresiasi seluruh pihak yang andil dalam kesuksesan kontingen Sleman merebut medali emas cabang olahraga boccia.

"Saya sangat bahagia dan bangga kepada teman-teman kontingen Sleman, dalam gelaran Peparda yang mempunyai semangat dan daya juang yang tinggi. Semoga prestasi ini jadi motivasi untuk kontingen Sleman di cabor lain," ujarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement