Jumat 09 Sep 2022 23:16 WIB

Bosda Mulai Diberikan Perkuat KKO di Kota Yogyakarta

Pemberian bosda KKO ini sudah diatur dalam Peraturan Wali Kota Yogyakarta.

Bosda Mulai Diberikan Perkuat KKO di Kota Yogyakarta (ilustrasi)
Foto: Antara/Maulana Surya
Bosda Mulai Diberikan Perkuat KKO di Kota Yogyakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memberikan bantuan operasional daerah (bosda) Kelas Khusus Olahraga (KKO) mulai September 2022 ini. Bosda tersebut diberikan untuk memperkuat dan memajukan KKO di Kota Yogyakarta yang berasal dari APBD Kota Yogyakarta tahun 2022.

"Bosda KKO ini memang awal (baru), ini dalam rangka pengembangan Kelas Khusus Olahraga," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga

Budi menyebut, pemberian bosda KKO ini sudah diatur dalam Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 65 Tahun 2022 tentang Pedoman Pemberian Bosda KKO yang Diselenggarakan Pemerintah Daerah.

Berdasarkan peraturan tersebut, bosda diberikan untuk kegiatan operasional pembelajaran Kelas Khusus Olahraga pada satuan pendidikan yang diselenggarakan pemerintah daerah. Utamanya untuk membantu memenuhi kebutuhan belanja operasional olahraga dalam rangka mendukung KKO.

 

"Misalnya untuk pelatihan-pelatihan dan kegiatan olahraga yang bukan belanja modal, tujuannya untuk memfasilitasi pengembangan Kelas Khusus Olahraga," tambah Budi.

Budi menuturkan, selama ini sebenarnya sudah dialokasikan dana untuk mendukung penyelenggaraan KKO. Namun, dana tersebut lebih banyak untuk honor instruktur atau pelatih pendukung kegiatan KKO.

"Makanya namanya Kelas Khusus Olahraga dan difasilitasi Pemkot Yogyakarta dengan adanya bosda untuk Kelas Khusus Olahraga," ujar Budi.

KKO yang sudah berjalan, katanya, melakukan pembelajaran secara reguler. KKO di Kota Yogyakarta sendiri diselenggarakan di SMPN 13 Yogyakarta.

Besaran anggaran bosda KKO dihitung sekitar Rp 90 ribu per siswa. Di SMP Negeri 13 Yogyakarta saat ini total ada empat kelas KKO dengan total 136 siswa yang menempuh pendidikan KKO di di 2022 ini.

"Khusus tahun ini kami menerima dua rombel (rombongan belajar) untuk Kelas Khusus Olahraga. Kami memperbanyak kelas ini dengan harapan potensi-potensi anak Kota Yogya di bidang olahraga dapat disalurkan di Kelas Khusus Olahraga," jelas Budi.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement