Kamis 06 Oct 2022 23:22 WIB

Pemkab Bangkalan Bentuk Tim Gabungan Karapan Sapi Piala Presiden

Sebanyak 24 pasangan sapi kerap akan beradu cepat di ajang festival itu.

Pemkab Bangkalan Bentuk Tim Gabungan Karapan Sapi Piala Presiden (ilustrasi).
Foto: Paguyuban Karapan Sapi
Pemkab Bangkalan Bentuk Tim Gabungan Karapan Sapi Piala Presiden (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANGKALAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan di Pulau Madura, Jawa Timur membentuk tim gabungan untuk ajang festival karapan sapi memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI yang hendak digelar pada 16 Oktober 2022 di Kabupaten Bangkalan.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkab Bangkalan Mohammad Hasan Faisol di Bangkalan, Kamis, tim gabungan yang dibentuk secara khusus itu, adalah tim COVID-19 dan tim penanganan kesehatan hewan untuk mencegah panyakit mulut dan kuku (PMK).

Baca Juga

"Sesuai arahan dari Bakorwil 4 Pamekasan dan Pemprov Jatim, pada pelaksanaan ajang festival karapan sapi nanti, harus menerapkan protokol kesehatan, dan pemeriksaan kesehatan sapi peserta karapan," katanya.

Karena itu, sambung Hasan, pihaknya langsung menggelar rapat koordinasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan dan tim dokter hewan Pemkab Bangkalan.

 

Pada ajang festival karapan sapi memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI kal ini, Pemkab Bangkalan ditunjuk sebagai tuan rumah karapan sapi.

Menurut Hasan, gelaran Piala Presiden RI di Stadion Mohammad Noer Bangkalan. Kegiatan itu juga terselenggara berkat kerja sama antara Pemkab Bangkalan, Bakorwil 4 Pamekasan, Pemprov Jatim dan paguyuban para tokoh karapan sapi se- Madura (Pakar Sakera).

Sebanyak 24 pasangan sapi kerap akan beradu cepat di ajang festival itu.

Menurut Kepala Disbudpar Pemkab Bangkalan Mohammad Hasan Faisol ke 24 pasangan sapi kerap itu merupakan pemenang di tingkatkan kabupaten, yakni masing-masing sebanyak enam pasangan sapi.

"Jumlahnya enam pasang, karena dalam dua kategori, yakni kategori menang dan kategori kalah," katanya, menjelaskan.

Hasan menuturkan, lomba karapan sapi berbeda dengan jenis lomba lain. Sebab, pasangan sapi yang kalah diadu lagi dan ditentukan tiga pasang juara yang disebut juara bagian kalah.

"Pada festival karapan sapi memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI nanti juga sama, yakni ada juara bagian menang dan juara bagian kalah," katanya, menjelaskan.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement