Kamis 27 Oct 2022 23:09 WIB

Meski Disebut FK Pantura, FK Kedokteran Unissula Berprestasi Tingkat Nasional

Para mahasiswanya telah mengukir mengukir banyak prestasi di tingkat nasional.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Meski Disebut FK Pantura, FK Kedokteran Unissula Berprestasi Tingkat Nasional (ilustrasi).
Foto: dok. Humas Unissula
Meski Disebut FK Pantura, FK Kedokteran Unissula Berprestasi Tingkat Nasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG — Meski dikenal dengan sebutan ‘Fakultas Kedokteran Pantura’, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang masih tetap diperhitungkan.

Karena para mahasiswanya telah mengukir mengukir banyak prestasi di tingkat nasional. Bahkan FK Unissula juga masuk dalam jajaran Fakultas Kedokteran yang telah terakreditasi unggul di anah air.

Baca Juga

Hal ini disampaikan Dekan FK Unissula, Dr dr Setyo Trisnadi SH Sp KF, saat menyambut para siswa dan guru Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) peserta ‘Kuliah Sehari’ di FK Kedokteran Unissula.

Menurut Setyo, Kuliah Sehari merupakan program untuk lebih mengenalkan FK Unissula, kepada para peserta (calon mahasiswa) dan guru BK yang berasal dari 31 SMA di berbagai daerah di Jawa Tengah.

 

“Konsep kuliah sehari sebagai gambaran (simulasi) dari kegiatan perkuliahan di FK Unissula,” ungkapnya, Kamis (27/10).

Di Indonesia, jelasnya, saat ini ada sekitar 94 Fakultas Kedokteran. dari jumlah ini baru ada 37 Fakultas Kedokteran di antaranya yang telah mengantongi akreditasi A atau unggul, diantaranya adalah Unissula.

Ia juga menyampaikan, kuliah di FK Unissula harus kuat fisik, mental spiritual dan material. Para siswa tidak hanya harus kuat fisik karena padatnya jadwal perkuliahan, tetapi juga mental spiritual dan juga material.

Karena kuliah di fakultas kedokteran ini terkenal dengan kuliah dengan masa yang paling lama. “Sehingga tidak hanya mahasiswa yang harus kuat namun juga orang tua,” katanya.

Hal ini diamini oleh Kepala UPT Pemasaran dan Kehumasan Unissula, Setiawan Widiyoko MSi MKn. Namun begitu calon mahasiswa tidak perlu berkecil hati, karena banyak peluang untuk bisa mendapatkan beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh pendaftar Unissula.

Diantaranya beasiswa berprestasi, beasiswa berkhidmat, beasiswa KIP Kuliah, beasiswa Khaira Ummah. “Termasuk beasiswa santri, beasiswa tahfidz, beasiswa Sultan Agung, beasiswa anak alumni dan beasiswa jalur mitra,” jelas Setiawan.

Ia juga mewanti- wanti para calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan studi. Jangan tergiur dengan status akreditasi ‘Baik’ karena sekarang akreditasi tersebut setara dengan C atau akreditasi ‘Baik Sekali’ yang setara dengan B.

“Mohon diperhatikan baik- baik ketika teman- teman memutuskan dalam memilih kampus untuk kuliah,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua MGBK se- Jawa Tengah, Nurcahyo Adi Prasetyo mengapresiasi FK Unissula yang telah memfasilitasi Kegiatan kuliah sehari ini.

Ia mengakui, kedokteran masih menjadi fakultas favorit bagi calon mahasiswa. Sehingga pemahaman dan wawasan tentang FK Unissula yang diberikan dalam kesempatan ini menjadi penting bagi siswa/ siswi SMA yang sebentar lagi akan menempuh bangku kuiah.

“Terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami serta sambutan yang sangat baik, semoga nanti sebagian dari siswa yang hadir pada kesempatan ini tertarik dan bisa kuliah di FK Unissula ini,” ungkapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement