Rabu 02 Nov 2022 21:47 WIB

Mahasiswa Psikologi UMP Borong Piala di Kompetisi Ilmiah Nasional

Fakultas Psikologi UMP berhasil mendapat 5 piala sekaligus.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin
Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah berhasil memborong piala di Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi Universitas Islam (KIMPSI) Ke-3 tahun 2022.
Foto: UMP
Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah berhasil memborong piala di Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi Universitas Islam (KIMPSI) Ke-3 tahun 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah berhasil memborong piala di Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi Universitas Islam (KIMPSI) Ke-3 tahun 2022. Kejuaraan itu berlangsung di Semarang, Sabtu (29/10/22) lalu.

Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi Universitas Islam yang digelar oleh Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) itu diikuti sedikitnya 300 peserta yang terdaftar dari berbagai Universitas Islam di Indonesia.

Baca Juga

Dari hasil kompetisi itu, Fakultas Psikologi UMP berhasil mendapat 5 piala sekaligus dari berbagai kategori kompetisi, baik akademik dan non-akademik yang dilakukan secara tim maupun perorangan. Diantaranya, Juara 1 Psy-Intervention oleh Faischa Nadiyah Fiyanda bersama tim, juara 2 Psy-Movie oleh Garda Sukma Kirana bersama tim.

Sementara pada kompetisi perorangan, yakni juara 3 Psy-Preach berhasil diraih Marshanda Dwi Sabrina Rahmawati dengan kategori penampilan, juara 2 kategori penguasaan materi berhasil diraih Faiha Nur Atiqoh dan Mitsqola Dzarratin Idea Fathan Mubina sebagai juara 3.

 

Kaprodi Psikologi UMP Gisella Arnis Grafiyana, M.A mengatakan, untuk mempersiapkan kompetisi itu, pihaknya telah melakukan pembentukan tim dosen khusus untuk mendampingi dan membimbing mahasiswa yang akan mengikuti kompetisi ilmiah tersebut.

“Pembentukan tim dosen ini berdasarkan fokus keahlian dan pengalaman sesuai kategori kompetesi ilmiah yang diikuti. Kami mendelegasikan beberapa mahasiswa untuk dapat mengikuti kesempatan kompetisi tersebut,” katanya di Purwokerto, Rabu (2/11/2022).

Menurutnya, hal itu berguna untuk menggali kompetensi dan minat mahasiswa agar lebih antusias di bidang akademik dan non akademik.

“Persiapan mental, kekompakan tim, dan motivasi juara menjadi modal utama untuk meraih peringkat terbaik di Universitas Islam di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Psy-Intervention Fakultas Psikologi UMP Faischa Nadiyah Fiyanda menjelaskan, dalam mengikuti lomba telah dilakukan berbagai persiapan materi dan teori intervensi. Selain itu juga disiapkan konten intervensi, waktu, pikiran dan tenaga untuk proses pengerjaan rencangan intervensinya.

"Lomba kemarin, tim kami membawakan judul Forgiveness Therapy Dengan Pendekatan Dzikir Untuk Mengatasi Inner Child Akibat Pola Asuh Toxic Parenting: Deskripsi Dan Rancangan Intervensi Psikologis," jelasnya.

Dekan Fakultas Psikologi UMP Dr. Nur'aeni, S.Psi. M.Si. berharap mahasiswa psikologi dapat terus berkarya sesuai kemampuan dan bakat minatnya.

"Semoga capaian tersebut dapat memotivasi mereka untuk lebih meningkatkan bakat minat mereka, baik dibidang akademik maupun non akademik," Nur'aeni. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement