Senin 07 Nov 2022 03:44 WIB

Pemkab Sidoarjo Selesaikan Pelebaran Jalan Bangah Aloha

Ada beberapa titik yang disiapkan untuk dibuat taman.

Pemkab Sidoarjo Selesaikan Pelebaran Jalan Bangah Aloha (ilustrasi).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pemkab Sidoarjo Selesaikan Pelebaran Jalan Bangah Aloha (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SIDOARJO -- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur telah menyelesaikan proyek pelebaran jalan yang ada di Pertigaan Jalan Bangah, Aloha, Sidoarjo sehingga mampu mengurai kemacetan lalu lintas di kawasan tersebut.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengatakan, pekerjaan pengaspalan sudah proses finishing, tinggal penyelesaian pekerjaan pada median jalan yang berada di sebelah barat dan median jalan di tengah. "Usai dilebarkan kemacetan yang biasa terjadi di pertigaan itu sekarang sudah tidak tampak lagi," katanya.

Baca Juga

Ia mengatakan, arus lalu lintas yang melewati jalan tersebut lancar, baik kendaraan yang datang dari arah Sidoarjo maupun kendaraan yang keluar masuk ke Sawotratap-Bangah. "Lalu lintas menjadi lancar karena selain dilebarkan, ruas jalan dibuat terpisah, tujuannya agar kendaraan yang keluar dari Bangah tidak sampai mengganggu arus lalu lintas yang datang dari arah Sidoarjo," ujarnya.

Menurut Gus Muhdlor, pelebaran jalan itu akan mengurai kemacetan secara signifikan. "Karena, di pertigaan inilah penyebab kemacetan yang terjadi selama ini. Karena pertigaan Bangah Aloha ini terjadi penyempitan. Setelah kami lebarkan, sekarang arus lalu lintas jadi lancar, hanya pada jam tertentu arus lalu lintas melambat karena bersamaan dengan jam pulang karyawan yang bekerja di perusahaan sekitar Aloha," ucap dia.

Untuk mempercantik kawasan di pertigaan Bangah, rencananya Gus Muhdlor bakal menyiapkan tempat atau ruang untuk dibangunkan taman. Ada dua titik yang bakal dibangun taman, pertama di median jalan tengah dan kemudian di sebelah sisi barat yang tempatnya lumayan luas untuk penghijauan.

"Ada beberapa titik yang disiapkan untuk dibuat taman, adanya taman nanti selain untuk mempercantik juga untuk penghijauan. Namun, sekarang biar proyek pelebaran itu dituntaskan dulu oleh Dinas PU Bina Marga dan SDA," katanya.

Plt. Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga dan SDA Pemkab Sidoarjo, Rizal Asnan menyampaikan, pekerjaan di pertigaan Bangah Aloha tinggal beberapa hari saja. "Proyek pelebaran Bangah-Aloha ini selesai sesuai target," ujar Rizal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement