Rabu 07 Dec 2022 22:59 WIB

Bupati Kediri Nilai Antusias Masyarakat Ikut Pilkades Baik

Antusiasme masyarakat untuk memilih kepala desanya cukup baik.

Bupati Kediri Nilai Antusias Masyarakat Ikut Pilkades Baik (ilustrasi).
Foto: Pemkab Purbalingga
Bupati Kediri Nilai Antusias Masyarakat Ikut Pilkades Baik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menilai antusias masyarakat untuk mengikuti dan memberikan hak suaranya dalam pemilihan kepala desa serentak yang digelar pada Rabu (7/12) di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, cukup baik.

"Antusiasme masyarakat untuk memilih kepala desanya cukup baik," kata Bupati di Kediri, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga

Bupati juga berharap para kepala desa yang terpilih nantinya dapat bekerja untuk kemajuan desanya dan melayani masyarakatnya dengan baik.

"Pesan saya kepada kepala desa terpilih untuk bisa melayani masyarakat dengan hati," kata Mas Dhito, sapaan akrabnya.

 

Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada Rabu. Kegiatan itu diikuti 57 desa di 13 kecamatan dengan jumlah calon kepala desa 155 calon. Dari jumlah itu, 42 orang di antaranya merupakan petahana.

Bupati juga sempat meninjau pelaksanaan pemilihan kepala desa di Desa Watugede dan Desa Gadungan di Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Bupati juga didampingi jajaran forkopimda kabupaten setempat. Selama proses peninjauan, Bupati memastikan pelaksanaan pemilihan kepala desa berlangsung dengan aman dan tertib.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri Agus Cahyono mengatakan setelah pemungutan suara tahapan selanjutnya BPD melaporkan kepala desa terpilih kepada camat dan selanjutnya camat melanjutkan kepada Bupati. Setelahnya baru dijadwalkan untuk proses pelantikan.

"Pelantikan kades terpilih akan diadakan pada 3 Maret 2023," kata dia.

Dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa di Kabupaten Kediri, Polres Kediri menerjunkan 1.000 personelnya untuk pengamanan. Anggota disebar di 55 desa lokasi kegiatan pemilihan kepala desa tersebut.

Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho menegaskan pihaknya juga telah patroli untuk pengamanan pelaksanaan kegiatan tersebut. Seluruh wilayah juga dalam kondisi aman.

Sedangkan di wilayah Polres Kediri Kota, kepolisian terkait menerjunkan lebih dari 400 personel gabungan. Ada dua desa di Kecamatan Mojo yakni Desa Tambi Bendo dan Desa Maesan yang masuk wilayah hukum Polres Kediri Kota, menggelar pemilihan kepala desa.

Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi menegaskan status kedua desa itu adalah hijau. Namun, pihaknya tetap siaga dengan menerjunkan personel untuk memastikan pelaksanaan pemilihan kepala desa berlangsung tertib dan aman.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement