Kamis 22 Dec 2022 13:32 WIB

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY Raih Prestasi Internasional

Peserta kompetisi berasal dari Indonesia, Cina dan India.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Kampus UMY.
Foto: Yusuf Assidiq
Kampus UMY.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mahasiswa lmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi juara dalam kompetisi internasional yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), pada Selasa (20/12/2022). Peserta kompetisi berasal dari Indonesia, Cina dan India.

Deretan mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY tersebut adalah sebagai berikut, Daffa Tabris, juara 2 Fotografi ; Nurul Hayati, juara harapan 3 Tiktok ; Maudy Marditta, juara harapan 2 Digital Journalism, dan Ichsan Herwanto, juara 3 kompetisi Public Relations Crisis Programs.

"Kami berlima merupakan kontingen dari UMY yang ikut dalam lomba yang sangat menantang karena mempertemukan mahasiswa dari berbagai kampus. Baru ketemu, workshop, lalu kolaborasi dan berkompetisi,\" kata salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY yang mengikuti lomba, Maudy Marditta, dalam keterangan tertulisnya Kamis (22/12/2022).

Sementara itu, Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi UMY, Erwan Sudiwijaya menyatakan bahwa dengan adanya keikutsertaan mahasiswa dalam kompetisi diharapkan mahasiswa semakin lekat dengan atmosfer akademik dan kompetisi. "Meskipun ini kompetisi, yang menarik adalah adanya inisiasi jejaring antarmahasiswa Ilmu Komunikasi. Ini menjadi modal sosial bagi mahasiswa untuk mengembangkan kolaborasi antarkampus karena telah mengenal. Setelah kompetisi, kami berharap mahasiswa terus saling silaturahmi," ujarnya.

 

Kompetisi ini berlevel internasional, yang diadakan oleh Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (APIK PTMA). Mekanisme kompetisi tersebut diawali dengan workshop yang diisi fasilitator dosen-dosen dari berbagai kampus dalam jejaring APIK PTMA.

Setelah workshop dilanjutkan dengan kompetisi yang disupervisi para fasilitator. Penjurian dilakukan oleh juri yang berkompeten di bidang masing-masing.

Kompetisi tersebut juga menjadi bagian dari serangkaian kegiatan seminar, konferensi dan wokshop internasional. Rangkaian kegiatan yang dinamakan sebagai Silaturahmi Nasional (Silat) APIK PTMA ini dihelat di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), pada Senin dan Selasa (19-20/12).

Tema besar program ini adalah The Challenges of Digital Communication in The New Normal Era. Pembicara seminar adalah Prof Widodo Muktiyo (Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah), Novi Kurnia (Universitas Gadjah Mada), Sonny B Harmadi (Satgas Perubahan Perilaku Covid-19), dan Fajar Junaedi (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement