Senin 26 Dec 2022 20:56 WIB

Sebanyak 7.929 Turis Kunjungi Pantai Glagah Kulon Progo di Libur Natal

Jumlah kunjungan pada libur Natal ini jauh dari prediksi.

Sebanyak 7.929 Turis Kunjungi Pantai Glagah Kulon Progo di Libur Natal (ilustrasi).
Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Sebanyak 7.929 Turis Kunjungi Pantai Glagah Kulon Progo di Libur Natal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,KULON PROGO -- Sebanyak 7.929 wisatawan berkunjung ke objek wisata Pantai Glagah di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama libur Natal 2022 dari Jumat (23/12) sampai Senin ini pukul 12.30 WIB.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi Glagah Agus Subiyanto di Kulon Progo, Senin, mengatakan jumlah pengunjung Pantai Glagah sejak Jumat (23/12) sampai hari ini berturut-turut, yakni Jumat sebanyak 1.066 orang, Sabtu sebanyak 2.363 orang, Minggu 3.997 dan hari ini sebanyak 500 orang.

Baca Juga

"Mayoritas pengunjung berasal dari wilayah Jawa Tengah karena wilayah ini libur terlebih dahulu," kata Agus Subiyanto.

Ia mengatakan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Glagah mayoritas menikmati spot pemecah gelombang, laguna dan gardu pandang bandara. "Gelombang pantai dalam kondisi tinggi, sehingga wisatawan lebih memilih menikmati pemecah gelombang, laguna dan gardu pandang bandara," katanya.

Lebih lanjut, Agus mengatakan jumlah kunjungan pada libur Natal ini jauh dari prediksi. Awalnya kunjungan wisatawan saat libur Natal antara 4.000 sampai 5.000 wisatawan per hari.

Ia juga tidak berani memproyeksikan target kunjungan wisatawan saat libur Tahun Baru 2023 atau malam pergantian tahun dan pada 1 Januari 2023. Hal ini dikarenakan kondisi cuaca yang tidak menentu sangat mempengaruhi kunjungan wisatawan.

"Puncak kunjungan wisatawan ke Pantai Glagah pada 1 Januari 2023. Pada malam pergantian malam tahun baru kurang ramai karena tidak ada kegiatan pertunjukan. Selain itu, kami tidak bisa memprediksi jumlah kunjungan wisatawan, apalagi kondisi cuaca yang tidak menentu," katanya.

Sementara itu, Sub Koordinator Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) Dispar Kulon Progo Anom Sudarinto mengatakan ada beberapa objek wisata di Kulon Progo yang dikelola oleh pemerintah mulai dari pesisir pantai hingga dataran tinggi.

Berdasarkan data dari Dispar Kulon Progo, objek wisata Pantai Glagah dikunjungi 7.426 wisatawan, Waduk Sermo 1.706 wisatawan, Kawasan Jatimulyo 1.200 wisatawan, Pantai Congot 911 wisatawan, Gua Kiskendo 201 wisatawan, Pantai Trisik 134 wisatawan dan Puncak Suroloyo 81 wisatawan. Serta destinasi wisata di Menoreh Barat ada 134 wisatawan.

"Wisata pantai masih menjadi tujuan favorit wisatawan selama libur Natal dibandingkan objek wisata di dataran tinggi," kata Agus.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement