Senin 02 Jan 2023 10:32 WIB

Orang Tua Wajib Tanam Pohon Setiap Kelahiran Anak di 2023

Masyarakat secara tidak langsung diajak untuk turut melestarikan alam.

Wali Kota Madiun Maidi (kiri)
Foto: ANTARA/Siswowidodo
Wali Kota Madiun Maidi (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID,

MADIUN -- Mengawali 2023 Pemerintah Kota Madiun melakukan kegiatan penanaman hutan masa depan sebagai upaya menjaga generasi, merawat bumi, dan melestarikan alam. Wali Kota Madiun Maidi mengatakan penanaman hutan masa depan diwujudkan dengan kebijakan kewajiban menanam pohon produktif bagi orang tua yang anaknya lahir di 2023.

"Jadi kita siapkan lahan, salah satunya di area PeceLand ini. Nanti setiap ada bayi lahir, orang tuanya wajib tanam pohon di sini. Lima tahun ke depan, hasilnya bisa untuk biaya sekolah," ujar Wali Kota Maidi di sela penanaman matoa di lokasi PeceLand, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Menurut dia, program penanaman hutan masa depan dengan satu anak satu pohon tersebut diinisiasi karena banyaknya bencana alam yang terjadi dan cuaca ekstrem. Melalui program ini, pohon yang ditanam di lokasi seluas 18 hektare tersebut diberi nama seperti nama anak dari orang tua yang menanam.

 

Orang tua juga wajib mengenalkan tanaman itu pada anaknya. Juga turut diajak merawatnya. Dengan demikian, ada pembelajaran tentang alam sejak dini kepada anak.

Ia optimistis kawasan yang disiapkan itu akan menjadi hutan kota ke depannya. Dinamai hutan anak karena setiap pohon memiliki nama seperti anak-anak yang lahir tersebut.

"Nanti tidak hanya di sini (area Peceland). Namun, juga ada di setiap kecamatan. Kalau sudah jadi hutan, kawasan itu bisa menjadi tempat reuni anak-anak itu kalau sudah dewasa," kata Maidi.

Masyarakat, lanjutnya, secara tidak langsung dari kegiatan itu diajak untuk turut melestarikan alam. Terkait perawatan, masyarakat tidak perlu khawatir karena dibantu oleh pemkot, termasuk penyediaan pupuk.

Peneliti pada Pusat Transformasi Sosial dan Pembangunan Unair Suko Widodo mengapresiasi program  tersebut. Hal ini selaras dengan Sustainable Development Goals  (SDG`s), yakni program pembangunan berkelanjutan.

Sukowi, sapaan akrabnya,  mendorong konsep hutan masa depan satu anak satu pohon itu bisa menjadi program pemerintah pusat. "Menurut saya ini program sangat bagus, harusnya ini menjadi gagasan agar bisa dikembangkan di seluruh daerah Indonesia," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement