Rabu 04 Jan 2023 16:42 WIB

Gibran Fasilitasi Pertemuan Dua Kubu Keraton Solo di Loji Gandrung

Sudah tidak ada masalah antara kedua belah pihak.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Pertemuan dua kubu Keraton Solo di Sasana Narendra, Selasa (3/1/2023).
Foto: Dokumen
Pertemuan dua kubu Keraton Solo di Sasana Narendra, Selasa (3/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Dua kubu di Keraton Solo yakni kubu Sinuhun Paku Buwono XIII dengan Lembaga Dewan Adat (LDA) bertemu dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang diwakili Wali Kota Solo Gibran Rakabuming di Loji Gandrung, Rabu (4/1/2023) siang.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengadakan pertemuan sekaligus makan bersama dengan Sinuhun Paku Buwono XIII, Permaisuri Paku Buwono XIII, KGPH Purboyo. Selain itu juga terdapat ketua dari kubu Lembaga Dewan Adat (LDA) GKR Wandansari atau Gusti Moeng. Pertemuan itu berlangsung sekitar satu jam. 

Setelah pertemuan, selaku perwakilan pihak Sinuhun, Prameswari PB XIII menegaskan pertemuan antara Sinuhun dengan GKR Wandansari menandakan sudah tidak ada masalah antara kedua belah pihak. Bahkan pihaknya mengatakan antara adik dan enam ibu sudah saling merangkul sehingga tinggal menunggu perintah.

"Intinya Sinuhun dan Gusti Wandansari (Gusti Moeng) sudah bersatu tidak ada apa-apa. Sinuhun adik-adik semua dari enam ibu semua akan dirangkul. Kemudian nanti semua saudara saudara akan dapat perintah dari Sinuwun gitu ya," kata Prameswari, Rabu (4/1/2023). 

 

Oleh karena itu, pihaknya mengaku terbuka terkait pembangunan atau revitalisasi Keraton solo yang akan dilakukan oleh Pemkot Solo.  "Kalau Sinuhun menunggu pemerintah dalam hal ini Gibran untuk pembangunan keraton segera dimulai begitu ya," ucapnya. 

Sementara itu, Ketua LDA Gusti Moeng mengapresiasi pertemuan yang diinisiasi oleh putra sulung Jokowi tersebut. Pihaknya juga mendoakan Gibran agar semua niat pembangunan tersebut bisa segera terlaksana dan mendapatkan restu dari Allah SWT.

"Kami sangat berterima kasih, Sinuhun beserta keluarga keraton atas gagasan dan usulan dari wali kota untuk segera membenahi keraton Solo atau kawasan keraton Solo seluruhnya. Ini yang kami bicarakan di dalam jamuan makan siang. Semoga apa yang menjadi niatan mas wali kota ini bisa terlaksana dan selalu mendapatkan ridhanya Allah," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement