Senin 09 Jan 2023 21:47 WIB

BBWS Ukur Jarak Aman Lokasi Tambang Andesit Desa Wadas

Pengukuran ini adalah bagian dari perjuangan warga.

Warga beraktivitas di Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Warga beraktivitas di Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOREJO -- Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak melakukan pengukuran jarak aman lokasi penambangan batu andesit dengan permukiman warga di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA), BBWS Serayu Opak Yosiandi Radi Wicaksono menyampaikan pengukuran jarak aman ini untuk memastikan pelaksanaan penambangan tidak akan merugikan warga.

"Hari ini kami terjunkan tim untuk ke lokasi. Selain menemui warga, kami juga memastikan jarak aman," katanya. Pada kesempatan itu, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan warga.

Hal ini untuk mengantisipasi warga yang punya riwayat penyakit yang mungkin saja bisa terdampak karena penambangan. Situasi di Desa Wadas Kecamatan Bener, Purworejo semakin kondusif.

 

Kini tinggal delapan bidang tanah yang belum diserahkan dari 617 bidang yang direncanakan dalam penambangan tersebut. Dalam pengukuran tersebut dimulai dengan pendataan rumah maupun bangunan yang berada di sekitar lokasi rencana penambangan.

Selanjutnya, petugas mengukur jarak aman sekitar radius 300 meter. Jika memang warga masih khawatir maka jarak aman akan ditambah 350 meter.

Selain memastikan keamanan rumah dan bangunan, petugas juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga sehingga penambangan yang rencananya akan dilakukan dengan meledakkan dinamit dapat dipastikan aman. Artinya tidak mengakibatkan kerusakan dan kerugian terhadap warga setempat.

Mantan Ketua Gerakan Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas (Gempadewa) Insin Sutrisno mengatakan dirinya sudah menyerahkan berkas tanah sebagai bukti dukungan pada penambangan.

Namun demikian, dirinya dan warga yang menerima tidak lantas berhenti berjuang. Pengukuran ini adalah bagian dari perjuangan warga untuk memastikan penambangan nantinya tidak merugikan warga.

"Kami tetap ingin memperjuangkan harapan warga. Salah satunya adalah jarak aman permukiman dari lokasi tambang," ujar dia.

Ia mengaku telah menyampaikan beberapa harapan warga kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada pertemuan di Purworejo, Kamis (29/12). Pengukuran jarak aman kali ini merupakan bentuk respons cepat atas permintaan warga.

"Sudah saya sampaikan kepada Pak Ganjar saat itu (di Purworejo, red.). Dan ini dilakukan pengukuran jarak aman tempat lokasi dengan permukiman warga," katanya.

Ada poin-poin lagi yang menjadi keinginan warga, antara lain pemerintah diminta tetap melakukan pendekatan tanpa paksaan bagi warga yang belum menyerahkan berkas, menghindari kerugian warga atas penambangan.

Selain itu penambangan hanya dibutuhkan untuk Bendungan Bener, harus ada reklamasi setelah penambangan, perlu ada proses rehabilitasi serta membangun Desa Wadas baik fisik maupun sumber daya manusia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement