Selasa 28 Feb 2023 14:31 WIB

Pulau Masalembu Langka Bahan Pangan, Bupati Bersurat ke Gubernur

Fauzi pun menyatakan berkoordinasi dengan Kodim 0827 Sumenep

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Warga membeli minyak goreng kemasan (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Arif Firmansyah
Warga membeli minyak goreng kemasan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Achmad Fauzi bakal menyurati Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa terkait kelangkaan bahan pangan di Pulau Masalembu, dampak dari cuaca ekstrem. Dalam suratnya, Pemkab Sumenep meminta penggunaan beras cadangan provinsi (BCP) untuk didistribusikan ke Pulau Masalembu.

"Hari ini BPBD Kabupaten Sumenep berkirim surat ke Gubernur Jatim, meminta penggunaan BCP untuk 9.410 kepala keluarga di Masalembu," kata Fauzi, Selasa (28/2/2023).

Fauzi pun mengatakan  telah berkoordinasi dengan Kodim 0827 Sumenep perihal penyaluran bantuan bagi masyarakat Masalembu. Kodim Sumenep pun bersedia membantu dalam penyaluran bantuan. Kodim Sumenep juga diakuinya telah berkoordinasi dengan Pangdam V/Brawijaya Majyen TNI Farid Makruf untuk ikut mengatasi kelangkaan bahan pangan di Masalembu tersebut.

"Kodim Sumenep ikut membantu pemerintah kabupaten untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat Masalembu yang terdampak cuaca ekstrem," ujar Fauzi.

Fauzi mengatakan, nantinya pendistribusian logistik untuk mengatasi kelangkaan bahan pangan di Masalembu akan menggunakan armada dari TNI Angkatan Laut (AL). Fauzi menegaskam,bkoordinasi dengan Dinas Sosial dan BPBD Provinsi Jawa Timur, juga Koarmada II telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumenep. Namun, pendistribusian masih harus menunggu instruksi dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

"Kami sudah koordinasi dengan BPBD Jatim dan Dinas Sosial provinsi. Kami sepenuhnya siap (pendistribusian logistik), tinggal menunggu gubernur. Karena Pulau Masalembu dekat ke Kalimantan," kata Fauzi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement