Sabtu 04 Mar 2023 06:55 WIB

Indonesia Dinilai Perlu Terapkan Lima Nilai Transformasi Persiapkan Indonesia Emas

Generasi milenial harus memahami keberagaman yang ada adalah sebuah keniscayaan.

Transformasi (ilustrasi)
Foto: CNN
Transformasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instruktur Pendidikan Kader Penggerak Nahdatul Ulama (PKPNU) Nasional, Adnan Anwar, menilai saat ini terdapat urgensi bagi Indonesia untuk menentukan arah transformasi yang jelas. Mengingat bangsa ini memiliki agenda besar yaitu Indonesia Emas 2045.

"Indonesia memerlukan kearah transformasi yang jelas dan itu harus mendesak di waktu sekarang ini terutama untuk kebangkitan nanti pada tahun 2045 yaitu satu abad Indonesia berusia," ujar Adnan, Kamis (2/3/2023).

Dirinya melanjutkan, untuk meraih hal tersebut diperlukan penyiapan generasi muda yang unggul, yang menjunjung tinggi kultur, budaya dan karakter bangsa yang toleran, anti kekerasan dan mencintai bangsanya, melalui lima nilai transformasi di antaranya transformasi wawasan kebangsaan, revitalisasi nilai-nilai Pancasila, transformasi moderasi beragama, transformasi akar kebudayaan bangsa, dan transformasi pembangunan kesejahteraan.  

"Generasi milenial harus kita prioritaskan ya karena jumlahnya sudah hampir 60 persen lebih dalam demografi kita dan mereka ini generasi yang mengambang, mengalami floating mass. Mereka adalah generasi yang berhadapan langsung dengan keterbukaan di semua bidang.  Sehingga hal ini tentunya sangat merubah karakter dan perilaku dasar generasi milenial," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Cak Adnan ini menyebut, jika generasi milenial tidak dibekali vaksinasi ideologi tersebut bisa mengancam terhadap persatuan dan  keutuhan bangsa ke depannya. Apalagi bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku agama ras dan budaya. Para generasi milenial harus memahami bahwa keberagaman yang ada adalah sebuah keniscayaan.

"Tapi syaratnya dalam memberikan vaksinasi ideologi harus dibarengi dengan berbagai macam kegiatan bagi masyarakat.  Dan program populis seperti penguatan ekonomi, keadilan sosial dan penguatan SDM juga harus dilakukan secara bersama-sama," katanya.

Menurutnya, transformasi yang demikian harus dibangun dari semua lini baik itu dari pemerintah di tingkat bawah hingga atas, di lembaga pendidikan, lingkungan ormas, dan juga yang terpenting di lingkungan keluarga.

"Setelah para pemimpinnya harus memiliki arah yang sama dan sepakat dengan transformasi maka masyarakat akan mengikuti, karena masyarakat kita cenderung Tut Wuri Handayani, yaitu rakyat yang akan mencontoh pemimpinnya. dan tentunya kesempatan ini digunakan  untuk ditiru masyarakat terhadap perilaku pemimpin kita," tuturnya.

Mantan Wasekjen PBNU ini menyatakan optimismenya bahwa upaya penanaman lima nilai transformasi atau vaksinasi ideologi mampu mengembalikan karakter bangsa yang berbudi luhur dan anti kekerasan menuju bangsa yang unggul.

"Saya kira bangsa ini masih bisa mengalami titik balik untuk menjadi negara besar dalam membangun peradaban yang besar dan negara yang berpengaruh di seluruh dunia.  Jadi masih sangat bisa sekali karena  kultur kita,  budaya kita, masyarakat kita, ekonomi kita dan geopolitik kita itu masih masih cukup lumayan utuh," kata Cak Adnan mengakhiri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement