Jumat 10 Mar 2023 09:10 WIB

Pacu Pengembangan UMKM, Malang City Expo 2023 Kembali Digelar

Event ini diharapkan mewujudkan UMKM jadi usaha ekonomi kreatif tangguh.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengadakan Malang City Expo di Gedung Kartini, Kota Malang mulai 9 sampai 12 Maret 2023.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani 
Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengadakan Malang City Expo di Gedung Kartini, Kota Malang mulai 9 sampai 12 Maret 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kembali mengadakan Malang City Expo di Gedung Kartini, Kota Malang. Acara yang bertemakan Elaborasi Potensi Menuju Malang Mendunia ini dilaksanakan mulai 9 hingga 12 Maret 2023.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, khususnya para pelaku usaha dalam upaya memantapkan jaringan usaha. Pertama, yakni pelaku usaha harus meningkatkan kualitas SDM dan teknologi untuk pengembangan inovasi, kemasan, dan kualitas. "Sehingga usaha yang dijalankan menjadi efisien," jelasnya.

Selain itu, pelaku usaha juga harus meningkatkan informasi dalam maupun luar tentang produk yang sumber pembelian. Kemudian meningkatkan akses pasar bahan baku terutama dalam hal penyediaan bahan baku yang kurang memadai.

Lalu para pelaku usaha harus berperan lebih nyata dalam membantu pemasaran produk usaha kecil. Dengan terpenuhinya hal-hal tersebut, diharapkan usaha kecil dan menengah akan mampu bersaing dengan para pelaku usaha lainnya.

Kemudian mereka secara bertahap akan dapat membangun citra yang baik terhadap produknya. Apresiasi positif juga disampaikan Sutiaji atas terselenggaranya kegiatan ini.

Ia berharap event ini akan mampu mewujudkan UMKM menjadi usaha ekonomi kreatif, tangguh, mandiri, berprospek, serta dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan ekonomi warga.

Selanjutnya, nantinya dapat membawa produk lokal khas Kota Malang menjadi dikenal sampai ke tingkat dunia. Di sisi lain, dia tidak menampik masih ada beberapa masalah yang dihadapi oleh kebanyakan UMKM.

Masalah-masalah tersebut antara lain kurangnya akses terhadap pasar, permodalan, pengembangan teknologi informasi, dan pengembangan SDM. Kemudian termasuk masalah jaringan usaha yang akan berpengaruh pada rendahnya produktivitas dan daya saing UMKM.

Permasalahan ini dianggap menjadi hambatan yang berat dalam perekonomian global yang semakin kompetitif. Meskipun banyak kendala yang dihadapi para pelaku usaha, dia yakin dan optimistis dengan dukungan pemasaran melalui pameran seperti ini akan memberikan motivasi yang cukup besar.

Terutama dalam menumbuhkan dan mengembangkan usahanya untuk menjadi lebih baik. Salah satunya dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia dan dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Malang, Widayati Sutiaji, berkomitmen mendukung kebijakan Pemkot Malang untuk menguatkan UMKM yang terus berkembang. Salah satunya dengan menggelar Malang City Expo 2023.

"Harapannya tentu kegiatan ini tidak saja diketahui warga Malang tapi juga di seluruh Indonesia bahkan dunia," katanya.

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga, berharap Malang City Expo dapat menjadi acara tahunan yang terus dipertahankan eksistensinya. Harapannya adalah agar selain dapat meningkatkan perekonomian daerah juga mampu menjadi wisata event untuk menarik wisatawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement