Jumat 10 Mar 2023 15:13 WIB

Kendalikan Inflasi Daerah, Pemkab Sleman-Blitar Jalin Kerja Sama

Setiap pekan, Blitar telah mengirimkan 10 ton telur ayam ras ke Sleman.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Kantor Pemkab Sleman, DIY.
Foto: Wahyu Suryana.
Kantor Pemkab Sleman, DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman sepakat bekerja sama dengan Pemkab Blitar terkait pengendalian inflasi daerah dan mengembangkan perekonomian di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakan kerja sama ini dalam rangka pengendalian inflasi daerah, khususnya untuk pemenuhan komoditas telur bagi masyarakat Sleman.

"Sleman sebagai daerah yang menopang jumlah penduduk tinggi, melalui kerja sama ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat di Sleman dan Blitar," kata Kustini. Ia berharap, kerja sama antara Sleman dan Blitar dapat menjadi kolaborasi positif dan dapat saling meningkatkan perekonomian antarwilayah.

Ke depan, diharapkan agar kesepakatan ini terus ditindaklanjuti dengan optimalisasi kerja sama di bidang lainnya. Sementara itu, Bupati Blitar, Rini Syarifah, menyampaikan  Blitar merupakan daerah penyuplai 30 persen telur nasional karena produksi per hari mencapai 450 ton.

Dengan komoditas telur Blitar yang melimpah, Kabupaten Blitar melakukan MoU dengan daerah lain termasuk Sleman dalam rangka pengendalian inflasi. Rini juga berharap kerja sama dapat berlanjut sehingga antara Pemkab Sleman dan Pemkab Blitar dapat saling bertukar informasi dan pikiran untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah masing-masing.

Kabupaten Blitar setiap pekannya telah mengirimkan 10 ton telur ayam ras ke Sleman sejak September 2022. Kesepakatan bersama ini nantinya berlaku dalam jangka waktu tiga tahun dan dapat diperbarui atas kesepakatan kedua belah pihak, yakni Pemkab Sleman dan Pemkab Blitar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement