Rabu 15 Mar 2023 18:39 WIB

Razia Minuman Keras Digencarkan di Bantul Jelang Ramadhan

Razia minuman keras oleh jajaran Polres Bantul sudah digelar sejak Senin (13/3/2023).

Minuman keras yang dijual bebas di mini market.   (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Minuman keras yang dijual bebas di mini market. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggencarkan kegiatan razia minuman keras guna menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif di wilayah kabupaten ini jelang bulan Ramadhan 1444 Hijriyah.

"Hari ini menjelang bulan puasa sebagaimana perintah dari Pak Kapolres, kami diperintahkan untuk gencar melakukan razia minuman keras," kata Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana dalam keterangan pers di Bantul, Rabu (15/3/2023).

Menurut dia, razia minuman keras oleh jajaran Polres Bantul sudah digelar sejak Senin (13/3/2023), dengan telah menyita 54 botol dan satu galon minuman keras berbagai jenis dan merek, sebagai barang bukti di wilayah Bantul, Banguntapan, Pundong, Piyungan, Kasihan dan Imogiri.

Dia juga mengatakan, kepolisian melakukan razia minuman keras juga bertujuan mengantisipasi jatuhnya korban akibat menenggak minuman keras di Bantul.

"Kami mencoba mencegah lebih dini sebelum korban berjatuhan, seperti yang terjadi pada Oktober 2022 di wilayah Jetis, dimana tiga orang tewas dan satu kritis karena menenggak minuman keras oplosan," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, razia atau penertiban minuman keras akan terus dilakukan jajarannya, khususnya jenis oplosan, agar jangan ada lagi korban sia-sia akibat minuman keras yang dicampur dengan minuman beralkohol lainnya.

Sementara itu, menurut dia, berdasarkan hasil analisa, pelaku-pelaku kejahatan jalanan maupun tawuran yang diamankan polisi selama ini, rata-rata mengkonsumsi minuman keras terlebih dahulu.

"Razia bentuk antisipasi karena ada korelasi aksi kejahatan jalanan maupun tawuran terjadi. Banyak dari mereka sebelum tawuran gunakan minuman keras dulu. Makanya kami terus razia sesuai arahan Kapolres, supaya kondusif menjelang bulan puasa dan hari raya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement