Kamis 16 Mar 2023 08:31 WIB

Siap-Siap, Kotabaru Akan Jadi Wisata Malam Kota Yogyakarta

Berbagai fasilitas publik telah tersedia di Kotabaru.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Bangunan Masjid Syuhada, salah satu bangunan yang terletak di kawasan Kotabaru, Yogyakarta.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Bangunan Masjid Syuhada, salah satu bangunan yang terletak di kawasan Kotabaru, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kawasan Kotabaru siap untuk dijadikan sebagai wisata malam di Kota Yogyakarta dengan branding 'Selamat Malam Kotabaru'. Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan meluncurkan Kotabaru sebagai wisata malam pada Jumat (17/3/2023) besok.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya mengatakan, pihaknya telah sepakat untuk mem-branding Kotabaru sebagai wisata malam di Yogyakarta. "Dengan branding tersebut akan mengingatkan kepada masyarakat bahwa kawasan Kotabaru adalah malamnya Yogya," kata Aman di Komplek Balai Kota Yogyakarta, Rabu (15/3/2023).

Dengan branding ini, diharapkan wisatawan dapat melihat Kotabaru sebagai destinasi wisata malam selain Malioboro dan Tugu Yogyakarta. Dengan begitu, wisatawan juga tidak hanya terpusat di dua kawasan tersebut, dan menjadikan Kotabaru sebagai destinasi wisata malam yang baru.

Aman juga berharap bahwa dengan branding tersebut, berbagai potensi yang ada di Kotabaru bisa terangkat. Ke depannya diharapkan hal itu semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Kotabaru.

"Berbagai fasilitas publik telah tersedia di Kotabaru, salah satunya adalah pedestriannya yang telah ditata rapi. Kotabaru juga sebagai gudangnya coffee shop," ujar Aman.

Menurut Aman, kawasan Kotabaru memiliki potensi khas yang dapat dijual dan ditawarkan dalam bentuk paket wisata kepada wisatawan. Baik kepada wisatawan domestik maupun mancanegara, yang mana kawasan tersebut menghadirkan suasana Eropa di masa lampau.

"Terutama (menghadirkan suasana) Eropa yang ingin bernostalgia," kata Aman.   

Pihaknya juga telah menyiapkan berbagai event untuk memperkenalkan Kotabaru sebagai wisata malam di Kota Yogyakarta. Hal ini juga untuk memperkuat citra Kotabaru dan menjadi salah satu pilihan untuk dikunjungi di malam hari.

"Pemkot Yogyakarta telah menyusun kalender event di sepanjang tahun 2023 untuk mengisi geliat di kawasan Kotabaru," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement