Sabtu 18 Mar 2023 11:40 WIB

Wilayah Pedesaan Dinilai Punya Peran Penting dalam Pembangunan Daerah

Saat ini pemerintah terus mendorong adanya upaya pembangunan dari desa.

Bupati Malang, M Sanusi
Foto: Dok. Humas Pemkab Malang
Bupati Malang, M Sanusi

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kabupaten Malang menyatakan bahwa kawasan pedesaan termasuk di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur memiliki peranan penting dalam percepatan pembangunan daerah.

Bupati Malang M Sanusi, di Kabupaten Malang, mengatakan pemerintah desa memiliki peranan penting untuk percepatan pembangunan desa dengan program yang sejalan dengan pemerintah daerah.

"Perlu kekompakan antara Pemerintah Kabupaten Malang, juga seluruh penyelenggara pemerintah desa di Kabupaten Malang untuk saling bersinergi dalam membangun," kata Sanusi, Jumat (17/3/2023).

Dalam kesempatan itu, Sanusi menghadiri Sarasehan Desa yang digelar Asosiasi Pegiat Desa Indonesia (APDI) dan Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Malang, yang bertujuan untuk membangun langkah sinergi untuk menguatkan desa.

Sanusi menjelaskan, saat ini pemerintah terus mendorong adanya upaya pembangunan dari desa, termasuk di wilayah Kabupaten Malang. Berbagai program dan dukungan berupa anggaran maupun program kerja, telah digerakkan untuk mengangkat potensi desa.

Sejumlah program yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Malang, di antaranya adalah One Village One Destination, One Village One Product, pengembangan desa wisata, pembangunan infrastruktur dan dukungan terhadap badan usaha milik desa (BUMDes).

"Kabupaten Malang semakin hari semakin baik, ini juga dibuktikan dengan penghargaan yang diraih dari Provinsi Jawa Timur maupun kementerian pusat," ujarnya.

Ia berharap, pertemuan tersebut mampu memacu kreativitas dan wawasan bagi seluruh pihak guna membentuk sistem pemerintahan yang baik, yang dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang kompeten.

"Diharapkan bisa memberikan peranan aktif dalam pendampingan kepala desa agar mampu terus berinovasi," katanya pula.

Di wilayah Kabupaten Malang, terdapat sejumlah desa yang mampu berkembang setelah mengoptimalisasi potensi wilayah khususnya sektor pariwisata. Desa-desa tersebut, telah mendapatkan penghargaan skala regional, nasional dan bahkan Internasional.

Di antaranya adalah Desa Wisata Pujon Kidul yang mendapatkan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia dengan kategori Desa Mandiri Inspiratif, Desa Wisata Sanankerto dengan destinasi berupa arboretum dan ekowisata Boonpring Sanankerto meraih penghargaan dalam ASEANRural Development and Poverty Eradication Awards pada tahun 2022.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement