Ahad 19 Mar 2023 12:46 WIB

Kerusakan Jalan Akses Wisata Ambarawa-Bandungan Diperbaiki

Kondisi kerusakan jalan terjadi akibat curah hujan tinggi.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
 Proses perbaikan jalan di akses  wisata Ambarawa-Bandungan yang rusak.
Foto: Dokumen
Proses perbaikan jalan di akses wisata Ambarawa-Bandungan yang rusak.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Kerusakan jalan akses pariwisata di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, direspons Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Sebelumnya, kerusakan jalan provinsi ini dikeluhkan dan disampaikan langsung oleh Bupati Semarang, H Ngesti Nugraha, kepada gubernur Jateng.

Menindaklanjuti apa yang disampaikan bupati Semarang, perbaikan jalan dilakukan untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara di jalur Ambarawa-Bandungan. Staf Teknis Balai Pengelolaan Jalan (BPJ) Wilayah Semarang, Agung Triwibowo menuturkan, kerusakan jalan terjadi akibat curah hujan tinggi.

Kerusakan terparah hanya sepanjang 400 meter, mulai dari Bundaran hingga Pasar Bandungan. Sementara sepanjang ruas jalan Ambarawa-Bandungan secara umum relatif bagus.

"Kerusakan aspal jalan karena curah hujan yang turun sangat tinggi hingga menggerus dan mengelupas aspal jalan. Selebihnya relatif masih  bagus," ujarnya.

Perbaikan dilakukan pelapisan dengan aspal AC WC, pada konstruksi perkerasan lentur jalan raya. "Semua jalan yang berlubang sudah ditangani," tegas dia.

Mujiman, salah seorang warga Bandungan mengatakan Pemprov Jateng segera merespons laporan adanya jalan rusak. Karena perbaikan jalan ini dilakukan tidak sampai sepekan.

"Kira-kira tiga hari setelah aduan warga, jalan yang rusak ini langsung dikerjakan," ungkapnya.

Sementara, Asri, warga lain juga  mengapresiasi langkah cepat dalam menangani jalan rusak ini. "Kalau malam sering motor tak bisa menghindari jalan berlubang," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement