Kamis 30 Mar 2023 05:18 WIB

Patroli Jelang Subuh Polres Kulonprogo Jaga Kondusivitas Ramadhan

Pelaksanaannya sebelum sahur dan setelah shalat Subuh hingga pagi hari.

Polisi melakukan patroli (ilustrasi)
Foto: Dok. Polres Ciamis.
Polisi melakukan patroli (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WATES - Kepolisian Resor Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan patroli dini hari menjelang sahur dan setelah shalat Subuh. Kegiatan itu untuk meminimalisasi terjadinya tindak kejahatan dan menciptakan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat di bulan Ramadhan.

Kepala Kepolisian Resor Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini di Kulon Progo, Rabu, mengatakan Polres Kulonprogo dan kepolisian sektor melaksanakan KRYD. "Kegiatan ini mengantisipasi kejahatan  jalanan. Sebelum dan sesudah shalat Subuh adalah jam rawan terjadi kejahatan jalanan," kata Muharomah Fajarini.

Selain itu meningkatkan kegiatan rutin KRYD, pihaknya juga melaksanakan patroli gabungan, diikuti oleh beberapa anggota fungsi kepolisian dilaksanakan selama bulan Ramadhan.

Adapun waktu pelaksanaan sebelum sahur dan setelah shalat Subuh hingga pagi hari di wilayah hukum Polres Kulonprogo yang diindikasi sebagai tempat rawan terjadinya gangguan kamtibmas selama bulan Ramadhan.

 

Untuk pelaksanaan kegiatan ini, Polres Kulonprogo melaksanakan patroli sesuai dengan tingkat kerawanannya. Yaitu patroli skala besar, patroli skala menengah, juga razia pada titik tertentu guna memastikan tidak terjadi kejahatan jalanan.

"Kegiatan patroli tersebut juga bertujuan untuk antisipasi terjadinya 'perang sarung', balap liar, pesta petasan dan knalpot blombongan, serta gangguan kamtibmas lainnya," kata dia.

Fajarini berharap hadirnya petugas Polri menggunakan kendaraan dinas rotator menyala di kewilayahan, diharapkan dapat mengurungkan niat para pelaku tindak kejahatan untuk melakukan aksinya.

"Kegiatan patroli saat menjelang sahur ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas atau tindak kriminalitas khususnya pada waktu dinihari, pada saat menjelang sahur dan ibadah shalat Subuh," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Kulonprogo Iptu Triatmi Noviartuti mengatakan kerawanan gangguan kamtibmas wilayah hukum Polres Kulonprogo yang dijadikan tempat nongkrong selama Ramadhan antara lain angkringan-angkringan yang buka 24 jam.

Kemudian, pantai sepanjang Galur hingga Temon, Waduk Sermo, Pelabuhan Tanjung Adikarto, jembatan Ancol Kalibawang dan Pasar Sentolo lama.

"Petugas selalu melaksanakan pemantauan secara rutin mengantisipasi kejahatan jalan atau pun gangguan kamtibmas lainnya," tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement