Ahad 09 Apr 2023 10:43 WIB

Salatiga Jadi Kota Paling Toleran Kedua di Indonesia, Gubernur Jateng Harapkan Ini

Di Jateng, kata dia, Solo juga jadi kota yang toleran.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Salatiga di Jawa Tengah menjadi kota paling toleran kedua di Indonesia dalam Indeks Kota Toleran (IKT) Tahun 2022. Penghargaan kota toleran itu diserahkan oleh Setara Institute.

Peringkat Kota Salatiga naik satu level dengan nilai 6,417 setelah sebelumnya pada tahun 2021 memperoleh peringkat ketiga dengan nilai 6,367.

Baca Juga

Penghargaan tersebut diraih dari kerja kolaboratif dari pemerintah kota, Forkopimda, FKUB, media, institusi pendidikan, dan seluruh elemen masyarakat Kota Salatiga.

Selain Salatiga, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebut Solo juga salah satu yang terdaftar dalam kota paling toleran itu. Ganjar berharap akan semakin banyak kota toleran di Indonesia. 

Hal itu dikatakan Ganjar usai mengecek persiapan ibadah Misa di Gereja Santo Antonius Purbayan, Jalan Arifin No 1 Kampung Batu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, Jateng, Sabtu (8/4/2023).

“Mudah-mudahan akan semakin banyak kota toleran yang ada di Indonesia. Nomor satu Singkawang, nomor dua Salatiga. Solo termasuk yang toleran,” katanya.

Ganjar pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang saling menghormati. Meskipun berbeda suku, ras, agama, dan golongan, Ganjar menyebut semua dipersatukan dalam bingkai Indonesia.

Menurut Ganjar, sebagai masyarakat Indonesia sudah semestinya menjunjung tinggi persatuan. Sebab persatuan itu akan memperindah kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Mari yuk kita bangun semuanya, kedamaian di bumi ini dengan saling menghormati. Kalau kita bisa saling menghormati berbeda golongan, berbeda agama, berbeda suku, antar golongan itu pasti akan membikin hidup kita tambah senang,” kata Ganjar.

Sebagai informasi, IKT dari Setara Institute tahun ini merupakan kali keenam diselenggarakan. Sebelumnya penghargaan serupa juga diselenggarakan pada 2015, 2017, 2018, 2020 dan 2021.

Adapun lima besar peringkat Indeks Kota Toleran Tahun 2022 secara berturut-turut di antaranya Kota Singkawang, Kota Salatiga, Kota Bekasi, Kota Solo, dan Kota Kediri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement