Kamis 13 Apr 2023 17:36 WIB

Basarnas Yogyakarta Kerahkan Puluhan Personel Siaga SAR Lebaran 2023

Siaga SAR Khusus Lebaran 2023 dilaksanakan selama 20 hari.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Basarnas Yogyakarta gelar apel kerahkan puluhan personel dalam Siaga SAR Khusus Lebaran 2023 di Kantor Basarnas Yogyakarta, Bantul, DIY, Kamis (13/4/2023).
Foto: Dokumen
Basarnas Yogyakarta gelar apel kerahkan puluhan personel dalam Siaga SAR Khusus Lebaran 2023 di Kantor Basarnas Yogyakarta, Bantul, DIY, Kamis (13/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Kantor Basarnas Yogyakarta mengerahkan seluruh personal untuk melakukan Siaga SAR Khusus Lebaran 2023. Total ada 72 personel yang akan melakukan siaga SAR di seluruh DIY.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta, Kamal Riswandi mengatakan, Siaga SAR Khusus Lebaran 2023 akan dilaksanakan selama 20 hari. Mulai saat arus mudik, hingga libur Lebaran dan arus balik, yakni pada 13 April sampai 3 Mei 2023.

Diprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 19-21 April, sedangkan puncak arus balik gelombang pertama diperkirakan pada 24-25 April 2023. Untuk gelombang kedua, katanya, diperkirakan pada 30 April hingga 1 Mei 2023.

"Siaga SAR Khusus Lebaran memang agenda rutin, namun harus mampu menjawab potensi ancaman kedaruratan yang mungkin terjadi. Terutama di pelabuhan penyeberangan, ruas jalan tol, dan lokasi pariwisata yang menjadi titik kumpul masyarakat," kata Kamal, Kamis (13/4/2023).

 

Puluhan personel tersebut diterjunkan untuk melaksanakan siaga SAR selama periode Lebaran, baik di Kantor Basarnas Yogyakarta di Sedayu, Pos Basarnas Gunungkidul, dan Unit Siaga Kulonprogo.

Kamal menyebut, posko induk Siaga SAR khusus Lebaran ada di Kantor Basarnas Yogyakarta, Sedayu, yang mana sebagai pusat pergerakan personal dan peralatan siaga SAR.

"Untuk patroli mobile menggunakan Dmax yang dilengkapi peralatan ekstrikasi korban kecelakaan terjepit bodi kendaraan, tas medis, dan peralatan evakuasi lainnya. Dengan rute dari Pos Gabungan Pelemgurih-Tempel-Stasiun Tugu-Stasiun Lempuyangan, dan kembali ke Kantor Basarnas," ujar dia.

Sementara itu, untuk personal Pos Basarnas Gunungkidul akan melaksanakan patroli mobile mulai 13-22 April. Patroli ini dilakukan dengan rute dari Pos Basarnas Gunungkidul-Prambanan-Bandara Adi Sucipto.

Adapun pada 23-25 April, Pos Basarnas Gunungkidul melaksanakan patroli mobile di Pantai Indrayanti dan pada 26 April hingga 1 Mei patroli mobile di kawasan wisata pantai di wilayah Gunungkidul.

"Peralatan yang digunakan ada satu unit rescue car dan satu unit rescue car compartment, yang dilengkapi alat ekstrikasi untuk evakuasi korban laka lantas dengan terjepit bodi kendaraan, medical bag, dan alat evakuasi lainnya," jelasnya.

Di Pantai Indrayanti juga dibuka Pos Siaga Jetski, dengan siaga yang dilakukan mulai 23-25 April. Pihaknya memperkirakan pada 23-25 April menjadi puncak para wisatawan berwisata di pantai-pantai destinasi wisata Gunungkidul.

Sedangkan, untuk unit siaga Basarnas Kulonprogo melaksanakan patroli mobile pada 13-22 April. Pada 2-3 Mei, Basarnas Kulonprogo juga melaksanakan patroli dengan rute sepanjang jalan provinsi dari Wates-Purworejo-UPPKB Kulwaru-Bandara YIA.

"Tanggal 23 April sampai 1 Mei, patroli mobile di Bandara YIA dan obyek wisata pantai di wilayah Kulonprogo," tambah Kamal.

Selain melaksanakan patroli mobile, juga dibuka Posko Gabungan Siaga SAR Khusus Lebaran 2023 di perempatan Pelem Gurih, Gamping, Sleman. Posko di Pelem Gurih ini akan dijalankan bersinergi bersama potensi SAR dan organisasi masyarakat, mulai 13 April hingga 3 Mei 2023.

Tidak hanya itu, posko SAR juga dibuka di kawasan Pantai Parangtritis, Bantul, mengingat akan banyaknya pengunjung yang akan berwisata di kawasan tersebut.

Posko SAR di Parangtritis ini dibuka sejak 15 April sampai 1 Mei, yang mana personelnya dilengkapi dengan satu unit rescue car, perahu karet, beach patrol, motor trail, dan perlengkapan water rescue.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement