Selasa 25 Apr 2023 22:46 WIB

Erick Thohir Cawapres Ganjar Pranowo? Ini Kata Pengamat Politik UB

Menteri BUMN Erick Thohir salah satu nama yang dikaitkan dengan Ganjar Pranowo.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Yudha Manggala P Putra
Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghadiri car free day di Kota Solo, Ahad (7/8/2022).
Foto: Dok
Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghadiri car free day di Kota Solo, Ahad (7/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Bahasan mengenai siapa cawapres yang bakal mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 terus mengemuka. Beberapa nama mencuat. Salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir. Seberapa besar potensinya?

Pengamat Politik dari Universitas Brawijaya Faishal Aminuddin menilai, secara politis, Ganjar Pranowo membutuhkan kantong suara di luar PDIP yang bisa mendongkrak elektoralnya secara signifikan. Salah satu yang bakal menguatkan peluang itu yakni dengan memilih calon pendamping dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Sejauh ini, ada beberapa nama dari kalangan NU yang menurutnya bisa mendampingi Ganjar Pranowo. Di antaranya Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, serta Menteri BUMN Erick Thohir.

Nah, dari sekian nama tersebut, Erick, kata dia memiliki potensi besar.  "Dari sejumlah nama ini, Erick yang saat ini berpeluang bisa didukung PBNU. Selain karena secara kultural Erick adalah NU, keanggotaan Erick sebagai Banser juga menjadi daya tarik," ujar Faishal dalam keterangan persnya pada Selasa (25/4/2023).

Faishal, yang juga merupakan Wakil Ketua Lembaga Pendidikan Tinggi PBNU ini tidak bisa memungkiri PBNU saat ini tampak mengendorse Erick. Jika Ganjar dan PDIP ingin mendapatkan dukungan penuh PBNU, kata dia, salah satu pilihan terbaik adalah Erick.

“PBNU secara kelembagaan memang tidak mungkin memberikan dukungan, tapi pengurus-pengurus PBNU lebih dekat dengan Erick, ini tidak bisa dipungkiri,” ujar doktor ilmu politik dari Jerman ini.

Pernyataan Faishal seakan ikut menguatkan pernyataan Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf. Menurut kedua tokoh ini, Erick cocok untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebelumnya mengatakan sepandangan dengan Yaqut Cholil Qoumas kalau Erick Thohir merupakan figur tepat sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo.

"Pernyataan Gus Men (Yaqut Cholil) sangat wajar, masuk akal dan relevan," ujar Gus Ipul kepada media pada Selasa (25/4/2023).

Gus Ipul mengaku mendapatkan banyak pesan dari keluarga besar NU yang mendukung penuh pernyataan Gus Men. "Banyak warga NU yang menginginkan Erick Thohir. Hal ini bisa dilihat dari berbagai hasil survei yang kita baca," ucap Gus Ipul.

Warga NU, lanjut Gus Ipul, menilai Erick sebagai sosok yang sukses menjadi ketua SC penyelenggaraan 1 Abad NU. Hal ini yang mendasari dukungan warga NU kepada Erick untuk maju sebagai cawapres 2024. Gus Ipul menyebut Ganjar-Erick merupakan pasangan ideal dalam meneruskan pencapaian Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke depan.

"Pak Ganjar dengan pengalaman birokrasinya yang sudah dua periode memimpin Jawa Tengah dipadukan dengan Pak Erick yang merupakan tokoh muda dan memiliki visi kuat, ini sangat cocok," kata Gus Ipul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement