Kamis 04 May 2023 12:10 WIB

Wacana Koalisi Besar Segera Terwujud? Ini Komentar PAN

Koalisi besar itu membutuhkan koalisi inti.

Waketum PAN Viva Yoga Mauladi.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Waketum PAN Viva Yoga Mauladi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyatakan, partainya menyambut gembira jika wacana pembentukan koalisi besar dapat segera terealisasi.

"PAN senang dan gembira jika rencana koalisi besar yang disebut Koalisi Kebangsaan dapat terwujud," kata Viva dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (4/5/2023).

Menurut dia, sejumlah hal positif mampu dihasilkan apabila koalisi besar terwujud. Di antaranya memperbesar basis sosial dan konstituen sehingga akan menambah suara pada Pilpres 2024.

"Dari sini, paslon (pasangan calon) yang diusung memiliki potensi besar untuk memenangkan Pilpres 2024, termasuk pergerakan di lapangan menjadi lebih efektif dan dapat dimanfaatkan untuk pendidikan politik rakyat," ujarnya.

 

Sebelumnya, Rabu (3/5/2023), Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat membangun koalisi inti sebagai motor penggerak untuk menindaklanjuti wacana pembentukan koalisi besar.

"Kita berdua berbicara koalisi besar dan koalisi besar itu membutuhkan koalisi inti dan koalisi inti itulah yang hari ini kita duduk bersama, di mana koalisi inti ini antara Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa," kata Airlangga saat melangsungkan pertemuan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Resto Plataran Senayan, Jakarta, Rabu siang.

Airlangga menegaskan, Partai Golkar yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PPP dan PAN, sementara PKB tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Partai Gerindra akan menjadi jembatan kedua koalisi untuk melakukan komunikasi-komunikasi politik dengan parpol lain guna merealisasikan pembentukan koalisi besar.

"Kemudian hari ini kita membuat jembatan antara KIB dan KKIR ini, jembatannya kokoh. Itu dengan Golkar dan PKB. Kokohnya jembatan ini tentunya akan terus melakukan lobi-lobi dan pembicaraan," ujar dia.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement