Jumat 05 May 2023 11:54 WIB

Hujan Ekstrem, Pemkab Sleman Intensifkan Pemeriksaan Drainase

Sampah yang menyumbat drainase menyebabkan banjir dan meluap di jalan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Pengendara motor melewati genangan air saat hujan deras (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengendara motor melewati genangan air saat hujan deras (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Hujan ekstrem terjadi di wilayah Sleman, DIY, beberapa hari terakhir yang menyebabkan genangan di sejumlah titik. Menyikapi itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) telah melakukan langkah tindak lanjut berupa pemeriksaan drainase

"Terkait dengan saluran drainase yang menjadi kewenangan kabupaten sudah rutin dilakukan pembersihan dan pengecekan di beberapa saluran yang memang dari pengawasan kami," kata Danang dalam konferensi pers.

Pihaknya juga telah melakukan pemantauan langsung saluran drainase di Gamping. Sampah yang menyumbat drainase menyebabkan banjir dan meluap di jalan. "Tapi dinas PUPKP melalui UPT-UPT yang sudah tersebar ini selalu mengadakan pemantauan rutin," ujarnya.

Kemudian untuk dua titik genangan yang bukan kewenangan Kabupaten Sleman, Danang menuturkan bahwa pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dan berkirim surat kepada Balai Pelaksanaan Jalan Nasonal (BPJN). Dua titik tersebut yaitu saluran drainase Jalan Adi Sucipto dengan Jalan Ambar Madu depan Muda Jaya Motor.

Selain itu, juga di saluran drainase di Jalan Adi Sucipto dengan Jalan Perumnas depan Mess Progo Polda DIY. "Bahkan, kemarin dua hari lalu juga kita pantau di Underpass Kaliurang, ini juga mengalami genangan, tapi ini juga menjadi kewenangan provinsi. Karena itu jalan nasional, sehingga  kita hanya bisa melakukan koordinasi. Mudah-mudahan ini bisa segera diatasi," kata dia.

Kemudian untuk saluran drainase yang menjadi kewenangan Kabupaten Sleman juga telah rutin dilakukan pembersihan dan pengecekan di beberapa saluran. Terdapat tiga titik yang juga sudah dilakukan koordinasi dan berkirim surat ke BBWSO yaitu saluran gendong Selokan Mataram di Jalan Wahid Hasyim, saluran gendong Selokan Mataram di Jalan Perumnas, saluran gendong Selokan Mataram di Jalan Seturan Raya.

"Memang akhir-akhir ini menjadi permasalahan karena selokan-selokan yang mungkin akan memasuki wilayah-wilayah perkotaan ini yang memang perlu koordinasi kita dengan BBWSO terkait permasalahan-permasalahan tersebut," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement