Ahad 07 May 2023 07:24 WIB

Porkab Sleman 2023 Diikuti 17 Kapanewon: Jaring Atlet Berprestasi

Tahun ini, porkab mempertandingkan sembilan cabang olahraga.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Sleman 2023 di Lapangan Pemda Sleman.
Foto: Dokumen
Pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Sleman 2023 di Lapangan Pemda Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membuka Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Sleman 2023 di Lapangan Pemda Sleman, DIY, Sabtu (6/5/2023). Sebanyak 17 kapanewon akan berkompetisi dalam porkab tahun ini.

Kustini mengatakan porkab merupakan salah satu wahana untuk mengevaluasi prestasi para atlet dan pembina cabang olah raga prestasi di Sleman. "Melalui ajang ini, kemampuan, fisik, mental, dan skill hasil latihan para atlet dapat diketahui kualitas dan efektivitasnya," kata Kustini.

Menurutnya, pelaksanaan porkab juga dapat menjadi salah satu alternatif yang akan berperan sebagai wadah pembinaan olah raga yang dilakukan secara terukur dan berkesinambungan. Ia juga berharap melalui porkab akan terjaring atlet-atlet berprestasi untuk membawa nama harum Sleman baik ditingkat regional, nasional, dan internasional.

Ketua Umum KONI Sleman, Joko Hastaryo mengatakan porkab merupakan agenda rutin dua tahunan yang diselenggarakan KONI Sleman. Joko menjelaskan porkab terakhir dilaksanakan pada 2018 lalu. Dikarenakan covid 19, maka porkab baru bisa diselenggarakan kembali pada 2023.

"Porkab baru dapat dilaksanakan kembali tahun ini (2023). Pada tahun ini, porkab diikuti oleh 17 kapanewon dan mempertandingkan sembilan  cabang olahraga anggota KONI," ujarnya.

Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yaitu delapan cabang olahraga. Joko juga menyampaikan Porkab 2023 melibatkan sebanyak 1.165 atlet yang terdiri dari 770 atlet putra dan 395 atlet putri, serta official sebanyak 223 orang.

"Dari sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porkab 2023, ada 16 medali emas yang diperebutkan. Dan gelaran porkab akan berlangsung mulai 6 sampai 13 Mei 2023,"  kata dia.

Pembukaan porkab ditandai pelepasan 17 burung merpati oleh bupati bersama jajaran Forkopimda. Pembukaan dilanjutkan dengan defile atlet porkab dari 17 kapanewon di wilayah Sleman. Parade atlet ini juga diiringi pasukan drumband SMKN Cangkringan dan purna Paskibra Indonesia Kabupaten Sleman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement