Selasa 09 May 2023 15:55 WIB

Jelang Pilkades Serentak Kabupaten Malang, Patroli Kamtibmas Digencarkan

Regu patroli dibagi menjadi dua wilayah bagian utara dan selatan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Warga berjalan menuju TPS 14 untuk ikut serta dalam pemilihan kepala desa (pilkades) ilustrasi
Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi
Warga berjalan menuju TPS 14 untuk ikut serta dalam pemilihan kepala desa (pilkades) ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Polres Malang bakal menggencarkan patroli skala besar selama beberapa waktu ke depan. Langkah ini bertujuan menjaga situasi kamtibmas kondusif jelang Pilkades Serentak Kabupaten Malang gelombang II 2023.

Selain personel Polres, patroli juga melibatkan prajurit TNI Kodim 0818 Malang-Batu. Kemudian juga dengan personel Satuan Brimob Polda Jatim Batalyon B Pelopor Ampeldento Malang.

Kasatsamapta Polres Malang, AKP Eka Anggriana mengatakan, patroli skala besar dilaksanakan sebagai wujud kebersamaan unsur terkait dalam memberikan rasa aman. "Dan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif jelang pilkades di Kabupaten Malang," kata Eka di Kabupaten Malang.

Menurut Eka, gelaran patroli gabungan mencakup sejumlah titik keramaian dan wilayah. Terutama di lokasi yang akan menggelar pemungutan suara dalam pilkades serentak Kabupaten Malang.

 

Patroli dilakukan 60 personel gabungan dengan menggunakan kendaraan dinas truk, mobil patroli, hingga kendaraan roda dua. Dalam pelaksanaannya, regu patroli dibagi menjadi dua wilayah bagian utara dan selatan.

Hal ini bertujuan untuk mencakup seluruh lokasi yang akan melaksanakan pilkades. Selanjutnya, petugas menyambangi tempat keramaian dan melakukan imbauan kamtibmas kepada masyarakat.

Mereka didorong untuk turut serta dalam menyelenggarakan situasi yang kondusif saat pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa mendatang. Di samping itu, personel patroli juga memantau persiapan lokasi TPS yang akan digunakan pada saat pemungutan suara berikut kelengkapannya.

Selain mencegah kerawanan jelang pilkades, patroli sekaligus mengantisipasi gangguan keamanan seperti kejahatan jalanan maupun  tindak pidana yang lain. Melalui kegiatan patroli dan sambang ini diharapkan dapat mempersempit ruang gerak para pelaku tindak kejahatan.

Kemudian juga diharapkan mampu menjaga kondusifitas dan mencegah gangguan kamtibmas selama rangkaian pilkades. Eka menegaskan Polri bersama unsur TNI, Brimob, dan instansi terkait lainnya akan terus bersinergi dalam menjaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Malang.

"Juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat selalu menjaga suasana dan ketertiban masyarakat," tegasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement