Kamis 18 May 2023 09:08 WIB

Sleman Terus Perkuat Kapasitas Kader Penyuluh Keluarga Berencana

Program KB merupakan kunci keberhasilan penurunan prevalensi stunting.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Kantor Pemkab Sleman.
Foto: Wahyu Suryana.
Kantor Pemkab Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Upaya peningkatan kapasitas penyuluh KKBPK atau Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) menjadi perhatian jajaran Pemkab Sleman, DIY. Hal itu mengemuka pada kegiatan pelatihan dan peningkatan kapasitas penyuluh KKBPK atau Bangga Kencana.

Kegiatan tersebut diikuti penyuluh keluarga berencana, petugas lapangan keluarga berencana, dan pengelola administrasi Balai Penyuluhan KB sejumlah 121 orang.

Bupati Sleman Kustini Purnomo mengungkapkan dalam rangka mendukung keberhasilan program KKBPK, pemkab terus mendorong peningkatan kualitas dan kapasitas SDM pendukung.

"Diperlukan SDM yang memiliki kapasitas dalam melakukan pendampingan karena KB merupakan kunci kesejahteraan keluarga serta keberhasilan penurunan prevalensi stunting," katanya.

 

Kustini mengatakan dalam melakukan pendampingan dapat melalui media massa atau media sosial. Ini sebagai upaya mencapai keberhasilan penyebaran informasi mengenai peningkatan kepedulian dan pemahaman para remaja tentang isu-isu kependudukan, pendewasaan usia perkawinan, kesehatan reproduksi, dan sebagainya.

Sementara itu, Plh Kepala Dinas DP3AP2KB Sleman, HY Aji Wulantara dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini diharapkan menjadi upaya memperkuat jajaran untuk melakukan tugas dan fungsi yang diamanahkan.

"Kegiatan ini menjadi upaya dalam memperkuat jajaran dan koordinasi dalam melakukan tugas fungsi yang diamanahkan," ujarnya.

Adapun fungsi PLKB yakni bertugas melaksanakan pekerjaan pembantuan di bidang penyuluhan, pelayanan, penggerakan, dan pengembangan program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana.

Ketugasan sebagai PLKB meliputi pencatatan dan pelaporan, KIE, pelayanan fasilitasi teknis KB dan kespro dan pelayanan, dan ketugasan yang diberikan oleh DP3AP2KB.

Selain itu, ketugasan pengelola administrasi meliputi pengelolaan website, administrasi SPJ, penginputan data informasi, surat menyurat, dan kearsipan Balai Penyuluhan KB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement