Selasa 30 May 2023 12:54 WIB

Singa Milik Jatim Park Lahirkan Dua Anak di KBS

Sepasang indukan singa tersebut dipinjam dari Jatim Park sekitar satu tahun lalu.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Warga bersepeda mengunjungi Kebun Binatang Surabaya, Surabaya, Jawa Timur (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Warga bersepeda mengunjungi Kebun Binatang Surabaya, Surabaya, Jawa Timur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Indukan singa yang ada di Kebun Binatang Surabaya (KBS) melahirkan dua anak singa berjenis kelamin jantan dan betina. Direktur Utama KBS, Khoirul Anwar menjelaskan, untuk anakan singa berjenis kelamin jantan diberi nama Bima, sedangkan yang berjenis kelamin betina diberi nama Dona.

Khoirul menjelaskan, kedua anak singa tersebut lahir dari hasil pembiakan sepasang indukan singa yang dipinjam dari Jatim Park. Khoirul menjelaskan, sepasang indukan singa tersebut dipinjam dari Jatim Park sekitar satu tahun lalu.

"Dua anak singa ini hasil breeding. Dan dalam waktu satu tahun sudah bisa memiliki dua anak singa," kata Khoirul di Surabaya, Selasa (30/5/2023).

Khoirul mengatakan, setelah melahirkan dua anak, indukan singa tersebut masih akan tetap tinggal di KBS, karena Bima dan Dona masih membutuhkan susu sang induk. Ia melanjutkan, ketika kedua anakan singa tersebut sudah berhasil disapih, singa indukannya akan dikembalikan ke Jatim Park.

Khoirul pun memastikan kondisi Bima dan Dona lahir dalam keadaan sehat, serta perkembangannya disebut cepat. Keduanya juga disebut Khoirul sangat lincah. Kedua anakn singa tersebut, kata Khoirul, tengah dalam masa agar bisa lebih dekat dengan penjaga, agar lebih jinak

"Karena disusui langsung oleh indukannya. Saat ini dua anak singa ini sedang dalam masa transisi untuk mendekatkan diri dengan para keeper agar mereka jinak," ucapnya.

Khoirul menambahkan, kedua anak singa tersebut saat ini masih dikarantina dan belum dipertontonkan bagi pengunjung. Bila sudah disapih dan bisa mengkonsumsi makanan selain air susu indukannya, maka Bima dan Dona sudah bisa dipertontonkan bagi pengunjung KBS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement