Rabu 07 Jun 2023 09:06 WIB

ITS Buka Tiga Jalur Seleksi Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru

TKA terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB).

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Logo ITS
Logo ITS

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mulai membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui seleksi Mandiri. ITS menyiapkan tiga jalur seleksi mandiri yang meliputi kemitraan, umum, dan prestasi, baik untuk program sarjana regular (S1) maupun sarjana terapan (D4).

Kepala Subdirektorat Admisi, Unggul Wasiwitono menjelaskan, bagi pendaftar seleksi mandiri jalur kemitraan dan umum diharuskan mengikuti lebih dulu Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang diselenggarakan ITS. Sedangkan, bagi pendaftar jalur prestasi, seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik atau nonakademik.

Untuk TKA yang diselenggarakan, terdiri atas Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) dengan waktu pengerjaan masing-masing subtes adalah 90 menit. Adapun untuk pelaksanaannya akan dilakukan secara daring.

"Oleh karena itu, perlu disiapkan PC (personal computer) atau laptop yang dilengkapi dengan webcam, software berupa zoom meeting, dan internet dengan kecepatan lebih dari 5 Mbps," kata Unggul, Rabu (7/6/2023).

Dosen Departemen Teknik Mesin ITS mengatakan, pendaftaran seleksi mandiri berlaku untuk delapan fakultas yang ada di ITS. Meliputi Fakultas Sains dan Analitika Data, Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem, Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian, Fakultas Teknologi Kelautan, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, Fakultas Vokasi, serta Fakultas Kedokteran dan Kesehatan.

Pada delapan fakultas tersebut, terdapat 41 departemen yang tersedia untuk penerimaan mahasiswa baru 2023. "Sebelum mendaftar seleksi mandiri ini, para pendaftar diwajibkan untuk membuat akun MyITS Admission terlebih dahulu," ujarnya.

Untuk cara pembuatan akun MyITS Admission, tahap pertama para pendaftar diminta untuk membuka laman https://admission.its.ac.id/. Kemudian melakukan registrasi dengan memasukan data diri. Selanjutnya para pendaftar diminta untuk mengunggah sejumlah berkas yang diperlukan, salah satunya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Terakhir, setelah melakukan registrasi, para pendaftar bisa langsung kembali ke beranda laman untuk kemudian memilih jalur seleksi yang ingin diikuti," kata Unggul.

Unggul mengatakan, saat ini sudah dibuka seleksi Mandiri jalur kemitraan dan umum, tepatnya mulai 5 hingga25 Juni 2023. Sedangkan TKA akan dilaksanakan pada 1 hingga 2 Juli 2023, dan akan diumumkan hasilnya pada 6 Juli 2023. "Namun, tidak menutup kemungkinan pelaksanaan TKA akan diperpanjang jika terdapat kuota berlebih," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement